Membangun Masyarakat Informasi|Senin, Juli 24, 2017
Kamu berada di Home » Informasi » Blogger Bojonegoro Road To School
  • Ikuti Kami

Blogger Bojonegoro Road To School 




Komunitas Blogger Bojonegoro menyelenggarakan satu kegiatan yang diberi nama “BLOGGER BOJONEGORO ROAD TO SCHOOL”. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini diselenggarakan dengan maksud ingin memberikan penjelasan mengenai pemanfaatan ICT yang dapat dilakukan oleh Siswa dan Guru sehingga mengetahui perkembangan dunia Teknologi internet dan dampak resiko terkena dampak negatif penyalanggunaanya.

Materi yang diberikan dalam Seminar dan Workshop ini sedang dinantikan oleh para Siswa dan Guru yang ada di Bojonegoro. Karena perkembangan teknologi yang sangat cepat dalam beberapa bulan terakhir membuat internet semakin mudah diakses. Dapat dilihat sekarang dimana-mana telah banyak hotspot-hotspot yang terpasang baik itu di Sekolahan, restoran, hingga warung kopi. Belum lagi jumlah warnet-warnet yang semakin menjamur.

Dari poin diatas sebenarnya sudah dapat di gambarkan bahwa para pengguna internet di Indonesia masih belum terlalu paham memanfaatkan internet secara optimal. Pada umumnya mereka hanya menggunakan internet sebagai sarana untuk berfacebook ria, bermain game online, chatting, mengakses konten porno dan lain sebagainya. Ini yang menyebabkan kenapa Indonesia masuk dalam urutan 3 (tiga) besar pengguna facebook di dunia. Sifat konsumtif dan having fun masih menjadi alasan utama mereka untuk berinternet, bukan seperti para pengguna di negara-negara maju benar-benar memanfaatkan teknologi internet untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Disini kurangnya Edukasi yang memadai terkait pemanfaatan internet secara positif dan sehat menjadi salah satu faktor kenapa fenomena ini bisa terjadi. Dan tidak dapat dipungkiri berdasarkan data analisa diatas bahwa umumnya yang menempati urutan The Big Five justru pengguna dari negara-negara yang sedang berkembang termasuk Indonesia. Oleh karena itu, peranan seluruh elemen masyarakat maupun pihak-pihak terkait sangat memegang andil dalam proses edukasi tersebut. Itu sebabnya kenapa pada kegiatan ini kami menargetkan para guru setingkat SMP/SMU di Kabupaten Bojonegoro dapat berperan serta aktif sebagai peserta karena untuk proses berikutnya, diharapkan akan terjadi knowledge transfer dari guru ke siswa didik di sekolahnya masing-masing.

Berkaitan dengan kegiatan ini maka Komunitas Blogger Bojonegoro sebagai wadah pengguna internet dan Relawan TIK Kabupaten Bojonegoro sebagai kelompok masyarakat peduli teknologi informasi telah membuat rancangan pelaksanaan kegiatan ini. Hanya saja dikarenakan keterbatasan sumber daya yang ada, maka dukungan dan peran serta dari semua pihak yang terkait sangat kami harapkan demi lancarnya pelaksanaan kegiatan ini. Adapun pada penyelenggaraan Seminar dan Wokshop, kami bekerjasama dengan beberapa pihak Sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Bojonegoro dan sekitarnya dimana yang akan menjadi audience-nya nanti adalah Siswa dan Guru.

Diharapkan kedepannya ada Sekolah yang bersedia untuk bekerjasama dengan kami. Untuk proposal bisa di DOWNLOAD DISINI. Penyelenggarakan kegiatan Seminar dan Wokshop yang memang diprioritaskan bagi para Siswa dan Guru di Kabupaten Bojonegoro.

“PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA DAN BLOG SEBAGAI SARANA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI KABUPATEN BOJONEGORO”

Untuk saat ini sekolahan yang  akan kami datangi serta jadwalnya seperti berikut :

  1. SMA ISLAM NURUL ULUM GAYAM (22 Oktober 2013)
  2. SMP N 1 GAYAM (25 November 2013)
  3. MTS BAHRUL ULUM GAYAM (26 Oktober 2013)
  4. MTS FATAHUL HUDA GAYAM (28 Oktober 2013)
  5. SMA N 1 KALITIDU (27 November 2013)
  6. SMP N 1 KALITIDU (02 November 2013)
  7. MA ISLAHIYAH KALITIDU (04 November 2013)
  8. MTS NURUL HIDAYAH KALITIDU (07 November 2013)
  9. SMK N NGASEM (09 November 2013)
  10. SMA ISLAM WASILATUL HUDA NGASEM (11 November 2013)
  11. SMAN 1 DANDER (14 November 2013) “menolak” ganti SMKN Ngambon (28 November 2013)
  12. SMAN TAMBAKREJO (16 November 2013)
  13. SMAN PADANGAN (18 November 2013)
  14. SMAI KALITIDU (21 November 2013)
  15. SMK ISLAM ALFATAH KALITIDU (23 November 2013)

Relawan TIK
surya fmistana fmsbitbm sinomgelitek
malowopatiblog desaradi blogger

Baca Juga




About the author: faun

Bisa di temui di www.fauns.id

Tinggalkan komentar