Cangkruk Ajek Para Pelaku UMKM Sharing Bisnis Online di Ruko Taman Rajekwesi

Bojonegoro – Pertumbuhan ekonomi sektor UMKM di Bojonegoro sangatlah pesat. Jenis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bojonegoro sangat banyak. Total ada 120 ribu jenis usaha berbagai jenis bidang tersebar di 28 kecamatan. Namun yang dibina Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Bojonegoro sebanyak 300-an usaha dengan jenis usaha mencapai 4 ribu jenis. (Data Dinkop UMKM Bojonegoro 2018). Para pengusaha UMKM yang banyak tersebut terus berupaya untuk mengembangkan usahanya.

Berbagai metode dilakukan , termasuk pemasaran secara online yang saat ini menjadi trend di masyarakat. Hal ini pula yang mendorong terselenggara kegiatan “Cangkruk Ajek UMKM Online Bojonegoro” di Ruko Taman Rajekwesi Bojonegoro, pada hari minggu sore (16/2/2019). Kegiatan ini bertemakan “Google Apps For Business” serta sharing success story dari salah satu pelaku usaha di Bojonegoro, yakni Vita pemilik Kripik Usus Mangprang.

Kegiatan yang terlaksana di Toko Ajek Ruko Rajekwesi pusat oleh – oleh  Bojonegoro ini, difasilitasi oleh Relawan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Bojonegoro. Hadir dalam kegiatan puluhan pelaku UMKM di Bojonegoro.

Harapannya dengan adanya kegiatan cangkruk para pelaku UMKM ini bisa saling belajar pengembangan usaha bisnis terutama dalam hal promosi secara online.

“dengan pemanfaatan promosi online termasuk salah satunya melalui aplikasi google bisnis , para pelaku usaha dapat pemasarkan usahanya secara optimal” ungkap Mohammad Muat selaku pengurus Relawan TIK Bojonegoro serta pemateri Cangkruk Ajek UMKM online.

Rencana nya kegiatan Cangkruk Ajek UMKM belajar bisnis online bersama ini akan berjalan secara rutin setiap 2 atau 3 minggu sekali di Toko Ajek Ruko Taman Rajekwesi Bojonegoro.

Keberadaan toko ajek ini sendiri merupakan bagian dari Program Promosi Produk Kreatif UMKM Bojonegoro melalui pemasaran Online dan Partisipasi Pameran yang difasilitasi oleh Relawan TIK Bojonegoro dan diinisasi serta didukung penuh oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

Kak Rizal