Membangun Masyarakat Informasi|Selasa, Juli 25, 2017
Kamu berada di Home » Bojonegoro » Dari Komunitas IT Untuk Kabupaten Bojonegoro
  • Ikuti Kami

Dari Komunitas IT Untuk Kabupaten Bojonegoro 

poltek bojonegoro




Banyak potensi yang dapat kita jadikan sebagai acuan semangat untuk kemajuan daerah, yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan lebih jauh. Saya akan mengambil salah satu contoh potensi lokal yang dapat kita jadikan sebagai sebuah terobosan baru untuk memajukan daerah kita (Bojonegoro) yaitu, potensi SDM (Sumber Daya Manusia) di Bojonegoro rata – rata  sudah banyak yang mengenyam pendidikan yang cukup bahkan lebih. Mungkin kita masih belum sadar akan adanya hal – hal ini, tapi jangan salah masyarakat Bojonegoro banyak yang sudah menyebar di Indonesia untuk menuntut ilmu bahkan ke luar negeri. Secara tidak langsung mereka adalah bibit – bibit daerah yang dapat mengembangkan potensi yang ada di daerah kita ini Bojonegoro.

Disini saya ingin berbagi sebuah pengamatan saya yang dapat dijadikan referensi bagi pembaca(khususnya masyarakat Bojonegoro). Saya ingin menjelaskan tentang Potensi SDM yang tidak menutup kemungkinan dapat meningkatkan SDA(Sumber Daya Alam) yang ada, jadi SDM dan SDA akan saling bersinergi. Ok, langsung saja potensi SDA dapat bagi menjadi dua, local to local dan local to interlocal (kayak telpon aja ya hahaha).

Local to local
Tanpa sadar kalian pasti sudah banyak mendengar tentang Blogger Bojonegoro yapz . . . salah satu komunitas yang telah berdiri di Bojonegoro. Seiring berjalannya waktu komunitas ini telah banyak menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Bojonegoro. Kegiatan yang pernah di selenggarakan oleh Komunitas ini yaitu dari Njungok Bareng, Blog Desa, Blogger Road to School, Blogger Seminar, Blogger Peduli, Dari Ujung ke Ujung, Blogger Buletin, dan masih banyak lagi kegiatan komunitas Blogger Bojonegoro. Tujuannya adalah ingin memperkenalkan, menyalurkan, dan mengembankan bakat melaluli tulisan ide dan opini yang ingin berbagi pengalaman dan informasi yang berharga demi kemajuan Bojonegoro.

Kegiatan yang sering di selenggarakan adalah Njungok Bareng Blogger Bojonegoro. Yaitu ajang kegiatan kopi daratnya para Blogger Bojonegoro yang diselenggarakan setiap bulan sekali pada minggu kedua, membahas serba serbi dunia internet, sharing posting, dan diskusi hangat seputar masalah, hobi dan problem yang dihadapi para blogger. Kegiatan kedua yaitu Blog Desa adalah jaringan Blog Desa yang memberikan pelatihan pengembangan ontent dan isi untuk perwakilan desa dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa yang bertujuan untuk menyebarkan informasi, potensi, dan perkembangan pembangunan yang ada di desa di seluruh wilayah Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan selanjutnya adalah Blogger Bojonegoro Dari Ujung ke Ujung adalah kegiatan refreshing par Blogger Bojonegoro setelah melakukan kegiatan Blogging biasanya mengadakan touring, wisata, kuliner, bagpacker, outband, dan pengembang diri serta hobby dari desa ke desa di wilayah kabupaten Bojonegoro. Itulah beberapa kegiatan yang sering dilakukan Komunitas Bojonegoro dan masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan oleh para Blogger Bojonegoro.

Local to interlocal
Tadi banyak dijelaskan potensi lokal to lokal sekarang local to interlocal inilah yang akan kita bahas lebih spesifik lagi. Mungkin masih banyak orang yang belum tahu tentang keberadaan para bibit – bibit masa depan Bojonegoro yaitu para Mahasiswa tanpa sadar banyak para Mahasiswa Bojonegoro yang sudah menyebar ke berbagai daerah untuk menuntut ilmu dan mengejar mimpi – mimpi mereka tapi jangan salah rata – rata dari mereka mimpinya dalah ingin memajukan Bojonegoro lho . . . coba kita survey di kota besar Jawa Timur dari Surabaya, Malang, Madura, Jember,  banyak Universitas yang menerima mahasiswa yang berasal dari Bojonegoro, dan mereka memiliki komunitasnya masing – masing yaitu Forbits (Forum Bocah ITS), ABC (Airlangga Bojonegoro Community), FKMB(Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro) UNESA, BSB(Brawijaya Students Bojonegoro), HIMABO(Himpunan Mahasiswa Bojonegoro), dan masih banyak lagi.

Nha . . . itu baru yang berasal dari Jawa Timur aja sudah banyak masih belum dari Jawa Tengah yang terbesar adalah komunitas IMAGO(Ikatan Mahasiswa Bojonegoro) yang ada di Yogyakarta. Mereka semua memiliki tujuan yang sama yaitu ingin meningkatkan taraf hidup masyarakat Bojonegoro tentunya dengan cara mmahasiswa salah satunya dengan cara Briefing. Briefing adalah suatu kegiatan Mahasiswa dari berbagai komunitas tersebut memberikan informasi kepada adik – adiknya yang duduk dibangku SMA untuk memberikan kemudahan bagi mereka bagaimana cara masuk universitas yang mereka impikan dan menceritakan pengalaman mereka waktu masuk Kuliah

Semoga dengan cara briefing ini Mahasiswa dapat menyampaikan informasi pendidikan ke masyarakat yang ada di Bojonegoro dapat bermanfaat dan menjadi acuan untuk membangun Bojonegoro yang lebih baik. Memberikan motivasi agar siswa – siswi SMA dapat termotivasi untuk menuntut ilmu setinggi – tingginya.

Oleh : Fandry

Baca Juga




About the author: faun

Bisa di temui di www.fauns.id

Tinggalkan komentar