Relawan TIK Bojonegoro

Desa Berbasis IT atau Karena Gengsi

Kabupaten Bojonegoro yang berada di provinsi Jawa Timur akhir-akhir ini nampak disibukkan dengan kegiatan pendampingan IT terhadap Desa-desa yang ada diwilayah Kabupaten Bojonegoro yang dipandegani oleh Relawan TIK Bojonegoro. Nampak sekali antusias para pemuda pemudi dalam mengikuti pelatihan tersebut yang dikemas dalam lomba Kelompok Informasi Masyarakat (KIM se-Kabupaten Bojonegoro).

Puluhan Desa saling berlomba membuat Website untuk memperkenalkan Desanya ke dunia luar melalui teknologi internet. Sukarelawan di Desa dengan semangat juang yang tinggi mereka  berkumpul dengan laptop didepanya untuk mendesain web, menulis berita dan apa saja dilakukan biar bisa menang dalam lomba.

Sebuah kebanggaan tentunya kalau jerih payahnya bisa menjadi juara untuk mewakili wilayahnya dalam lomba berikutnya karena sepertinya hanya sebagai juara yang diharapkan karena KIM ini dilombakan. Ibarat pepetah “Pesta Sudah Selesai” selesai lomba selesailah sudah aktifitas KIM tersebut.

Mampukah KIM ini terus bertahan setelah lomba itu selesai? itu yang layak dipikirkan bersama-sama. Karena bisa juga sebagai pemuda Desa akan merasa GENGSI kalau desanya tidak punya KIM jadi sebisa mungkin mereka berusaha. Coba kita bayangkan kalau Desa berbasis IT ini menjadi program Pemerintah Kabupaten yang harus dilaksanakan oleh masing-masing Desa pasti akan berjalan sesuai harapan, karena Desa akan mendapatkan fasilitas yang lengkap sebagai penunjang untuk menjalankan program terssebut. (Bass)

Relawan TIK Bojonegoro

Bersama Membangun Masyarakat Informasi

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Relawan TIK Bojonegoro

Organisasi Sosial kemasyarakatan yang bersifat nir-laba, independen, philantrophis, mandiri mendasarkan pada upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan ilmu pengetahuan di bidang TIK bagi anggota serta warga masyarakat, aktivitas dirintis sejak tanggal 9 Desember 2008 di Jakarta dan dibentuk kepengurusan di Bojonegoro tanggal 18 Oktober 2013.