Relawan TIK Bojonegoro

Desa Kacangan Segera Menerapkan Sistem Informasi Desa (SID)

Bapak Aziz Ghozali, SH. Kades Kacangan,bergerak cepat segera menerapkan aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) di wilayah kerjanya. Hal ini sebagai tindak lanjut hasil Forum Group Discussion (FGD) Selasa, 15 Januari 2019 minggu lalu di Pemkab Bojonegoro. Sebagai salah satu desa yang masuk dalam nominasi dengan kategori desa dengan Implementasi Layanan Informasi dan Transparansi dari 8 desa terpilih, desa ini perlu segera berbenah untuk memberikan layanan dan transparansi sebaik – baiknya dengan menerapkan SID.

Hadir dalam pertemuan di Balai Desa Kacangan, Rabu, 23 Januari 2019, Bapak Djoko Suhermanto Sekretaris Dinas Kominfo Kab. Bojonegoro beserta Tim, Dewan TIK Bojonegoro, Tim dari Relawan TIK Bojonegoro, Tim dari Ademos Indonesia, perangkat desa Kacangan, PKK Desa Kacangan, dan perwakilan Karang Taruna “Cakra” Desa Dolokgede.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan kesiapan Desa Kacangan untuk menerapkan SID dalam rangka meningkatkan layanan bagi masyarakat, oleh karena itu semua pihak diundang untuk memberikan masukan kepada Tim SID.

Bapak Djoko Suhermanto, Sekdin Kominfo Bojonegoro akan memfasilitasi semua desa di Bojonegoro sesuai aturan yang berlaku untuk menerapkan SID di wilayahnya. Hal ini sejalan dengan program Dinas Kominfo tahun 2019. Termasuk memberikan pendampingan teknis bagi Desa Kacangan Kec. Tambakrejo Kab. Bojonegoro.

Kegiatan ini akan tuntas jika sinergi dari semua pihak memberikan kontribusi sesuai dengan keahlian masing masing, demikian yang disampaikan M Kudlori dari Ademos Indonesia.

Dewan TIK bersama Dinas Kominfo akan menyiapkan data master dari berbagai sumber yang sah untuk dimasukkan pada sistem SID, agar memudahkan admin SID tidak memasukkan semua data yang ada di desanya. Dengan demikian, pihak desa tidak perlu repot – repot memulai memasukkan data dari nol, tetapi sudah ada data master yang sudah ada pada sistem, tinggal memperbarui dan merubah data yang perlu perbaikan. Demikian yang disampaikan oleh Ketua Dewan TIK Bojonegoro, Bapak Boedy Irhadtanto.

Relawan TIK Bojonegoro juga siap mendampingi proses input data sampai pengisian konten yang berada di SID ini dengan bekerjasama dengan tim dari desa dan semua yang terlibat di Sistem Informasi Desa ini. (Kak Shela/*)

Kak Shela

Saya seorang Praktisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), menjadi Relawan TIK adalah pilihan hidup untuk berbagi. Saya juga seorang blogger karena juga suka tulis - tulis di blog dan website. Trainer TIK dan Trainer Outbound merupakan aktivitas saya lainnya. Terimakasih sudah bersedia membaca profil singkat saya, jika ingin lebih kenal silahkan bisa kunjungi akun media sosial saya yang tertera di profil penulis di sini.
Terimakasih

data bojonegoro

film bojonegoro

bojonegoro store

website desa

Relawan TIK Bojonegoro

Organisasi Sosial kemasyarakatan yang bersifat nir-laba, independen, philantrophis, mandiri mendasarkan pada upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan ilmu pengetahuan di bidang TIK bagi anggota serta warga masyarakat, aktivitas dirintis sejak tanggal 9 Desember 2008 di Jakarta dan dibentuk kepengurusan di Bojonegoro tanggal 18 Oktober 2013.