Membangun Masyarakat Informasi|Kamis, November 23, 2017
Kamu berada di Home » Berita » Fokus Tumbuhkan Minat Baca Di Era Digital, Puluhan Perwakilan Sekolah Ikuti Lokakrya E-Library
  • Ikuti Kami

Fokus Tumbuhkan Minat Baca Di Era Digital, Puluhan Perwakilan Sekolah Ikuti Lokakrya E-Library 

IMG-20171018-WA0067

Bojonegoro – Untuk memenuhi kebutuhan dunia pendidikan khususnya dibidang literasi sangat diperlukan konten-konten referensi yang banyak jumlahnya, termasuk juga bagaimana mengelola buku-buku agar dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Atas dasar inilah Relawan TIK Bojonegoro bersama dukungan penuh dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menggelar lokakarya membangun perpustakaan Digital bertempat di Gedung Pemkab Bojonegoro lantai 2, Kamis pagi (12/10/2017).

Puluhan pengelola perpustakaan yang merupakan perwakilan dari 11 Sekolah terlihat antusias sebagai peserta dalam lokakarya ini. Sekolah yang telah ditunjuk sebagai peserta yakni : SMA Negeri 1 Kalitidu, SMA Islam Nurul Ulum Gayam, SMK Muhammadiyah 5 Kalitidu, MA Islahiyah Kalitidu, SMP Negeri 1 Gayam, SMP Negeri 1 Kalitidu, MTs Fathul Huda Katur, MTs Bahrul Ulum Gayam, MTs Petak Beged, dan SMP Negeri 1 Bojonegoro.

Selain itu, perwakilan lembaga Pusat Belajar Guru dan Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Bojonegoro serta Dinas Pendidikan Kab. Bojonegoro turut hadir.
Dalam pembukaan acara, Kepala Bidang Pendidikan SMP Kab. Bojonegoro, Drs. Puji Widodo, MM. menegaskan bahwa penting bagi sekolah-sekolah maupun lembaga pendidikan lainnya untuk bersama menumbuhkan minat baca. Teknologi digital diharapkan mampu untuk menunjang perkembangan perpustakaan-perpustakaan sekolah yang ada saat ini.

“Kita harus prihatin terhadap minat baca bangsa, menurut survey peringkat minat baca bangsa indonesia menduduki yakni peringkat ke-60 dari 61 negara. makadari itu minat baca perlu untuk kita tumbuhkan bersama dengan ditunjang adanya teknologi,” ungkapnya.

Galih Tiara , Perwakilan dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) operator migas blok cepu selaku pendukung utama kegiatan lokakarya. Ikut menegaskan tentang pentingnya minat baca.

“EMCL bersama masyarakatakan terus meningkatkan mutu pendidikan dengan menumbuhkan minat baca dengan adanya pengembangan perpustakaan digital diharapkan dapat menunjang proses belajar mengajar disekolah,” ujarnya.

Kegiatan pelatihan pemanfaatan perpustakaan digital berbasis aplikasi komputer yang didampingi oleh Relawan TIK Bojonegoro juga disertai prosesi serah terima bantuan fasilitas dari EMCL berupa Komputer Server E-Library kepada 2 sekolah pilot project yakni SMPN 1 Gayam dan SMAN 1 Kaltiidu serta lembaga Pusat Belajar Guru.

Baca Juga

About the author: Nova Wijaya

Digital Buzzer, Digital Marketing, Blogger

Tinggalkan komentar