Membangun Masyarakat Informasi|Selasa, Oktober 24, 2017
Kamu berada di Home » Bojonegoro » #HJB336 Menuju Bojonegoro Digital Society
  • Ikuti Kami

#HJB336 Menuju Bojonegoro Digital Society 

Beberapa hari ini mulai dari Bupati, Wabub, SKPD seluruh staf Pemkab Bojonegoro, sibuk untuk mengurusi acara Hari Jadi Bojonegoro ke-336. Mulai dari gerak jalan tingkat sekolahan umum bahkan hansip dan karnaval siswa sekolah dan umum yang menceritakan sejarah Bojonegoro maupun mitos dan legenda yang ada yang sangkut pautnya dengan kota ini.

Salah satu acara lain yang tidak kalah meriahnya saat Lounching Bojonegoro Digital Society.  Pada hari Jumat 18 Oktober 2013 pukul 13.00 pada hari itu kita dari beberapa komunitas IT di Bojonegoro mulai dari Blogger Bojonegoro, Android Bojonegoro, Etalase Online, Taman Baca Masyarakat, LSM di kumpulkan untuk di kukuhkan menjadi satu yang bernama Relawan TIK Bojonegoro di singkat (RTIK) Bojonegoro di bawah naungan Kementrian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) RI.

Pada saat pengukuhan yang langsung di kukuhkan di sematkan PIN Relwan TIK oleh Bupati Bojonegoro yang tidak asing lagi yang sering kita panggil dengan nama Kang Yoto. Sudah sangat lama pengukuhan ini di nantikan dari beberapa komunitas yang berbasis IT Bojonegoro. Karena beberapa propinsi sudah di kukuhkan sedangkan di Bojonegoro belum. Sering sekali khususnya Blogger Bojonegoro yang sering di undangan untuk ikut acara Relawan TIK Nasional di Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali. di Tanya kapan Bojonegoro mengadakan pengukuhan pertanyaan itu sama-sama terus setiap acara pasti di tanyakan dengan pertanyaan sama. Apalagi dari Relawan TIK Jawa Barat sering mendorang dan memotifasi agar secepatnya di kukuhkan ahirnya tibalah acara Lounching Bojonegoro Digital Society kerja sama antara Pemkab Bojonegoro dan Telkom Jawa Timur untuk menjadikan masyarakat yang melek internet. Ahirnya dalam acara tersebut di kukuhkanlah Relawan TIK Bojonegoro untuk membantu program Bojonegoro Digital Society dan mimpi mimpi putra daerah di bidang IT menjadi kenyataan. Kita ucapkan Alkhamdulilah.

Setelah pengukuhan itu Relawan TIK Bojonegoro begitu cintanya #SPIRITOFLOVE dengan kotanya sendiri membuat trobosan memberikan sebuah hadiah WebDes (240 Website Desa) saat Hari Jadi Bojonegoro ke-336. Pada malam minggu saat acara Grebek Berkah Jonegoroan di panggung utama juga di lounching Bojonegoro Digital Society oleh Pemkab Bojonegoro dengan Telkom Jawa Timur dan disitu juga ada live tweet dan lounching twitter Bupati Bojonegoro @KangYotoBjn dengan hastag #HJB336. Live tweet ini jarang sekali dalam acara besar maupun kecil di Bojonegoro apalagi di tengah alun-alun Bojonegoro dengan adanya DiSO (Digital Society) yang telah di resmikan alhamdulilah ada live tweet yang langsung terlihat di layar LCD besar di samping panggung ke inginan masyarakat Bojonegoro yang berada di dalam kota maupun di luar kota bahkan di luar negeri yang mengucapkan selamat hari jadi dengan hastag #HJB336 terlihat jelas terpampang besar bermimpi menjadikan Bojonegoro lebih maju.

Relawan TIK Bojonegoro mengucapkan selamat Hari Jadi Bojonegoro ke-336 terimakasih sebesar-besarkan kepada Pemkab Bojonegoro, Telkom Jawa Timur, Relawan TIK Propinsi Jawa Timur khususnya @MyIvone @ardietna @okkytrihutomo telah mensuport dan mengukuhkan kami di acara yang luar biasa ini, semoga kita bisa mengedukasi masyarakat agat lebih informastif dan educative memanfaatkan internet secara sehat dan aman (INSAN).

Susunan ke pengurusan Relawan TIK Bojonegoro sebagai berikut :

  1. Ketua : Rifaun Naim
  2. Wakil : Didik Jatmiko
  3. Sekertaris : Fira Indah Rahmawati
  4. Wakil Sekertaris : Didik Setiawan
  5. Bendahara : Nova Dewi Lintang Kusuma Wijayanti
  6. Wakil Bendahara : Edy Supra Eko
  7. Humas : Mohamad Muat

Bidang Anggota :

  1. Keanggotaan dan Organisasi : Maranata Ari Surya
  2. Pengembangan Kapasitas : Mohammad Rifa’i
  3. Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat : Ardhiansyah Rozaki
  4. Kerjasama Kemitraan : Choirul Fadheli
  5. Infrastruktur : Aries Santoso Yuwono

Timbal balik yang di berikan oleh Relawan TIK Bojonegoro akan menghadiahkan berupa WebDes (240 Website Desa) Se-Kabupaten Bojonegoro dan Telkom Jawa Timur untuk percontohan memanfaatkan Digital Society secara maksimal untuk memaksimalkan potensi Desa yang berada di Kabupaten Bojonegoro agar bisa ter Expose ke seluruh dunia mulai dari segi ekonomi, pertanian, pertambangan dll. Sehingga akan terwujudkan visi “BOJONEGORO SEBAGAI LUMBUNG PANGAN DAN ENERGI NASIONAL” bisa tercapai.

Program WebDes (240 Website Desa) Se-Kabupaten Bojonegoro ini setelah jadi semua website, selanjutnya akan di berikan ke pihak Desa yang nanti akan di kelola oleh perangkat Desa mulai dari Pemerintahan Desa, Karang Taruna, PKK, Linmas dll. Untuk mengisi dan menginformasikan kegiatan Desanya masing masing agar potensi yang ada di Desa bisa terbaca keseluruh dunia untuk menarik Investor ke Kabupaten Bojonegoro kerena beberapa investor akan mengetahui dan membaca potensi yang bisa di kembangkan di Desa yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Segala teknisnya website akan di bimbing oleh Relawan TIK Bojonegoro untuk di ajarkan ke Karang Taruna Desa masing-masing. Agar Karang Taruna yang mengelola dan mandiri untuk menginformasikan Desanya. Semoga program ini lancar dan mendapat dukungan dari semua pihak yang bersangkutan khususnya Dinas KOMINFO Kabupaten Bojonegoro. Karena kita masih berkerjasama dengan  Gerakan Desa Membangun untuk meyediakan server dan domain desa.id secara gratis tanpa di pungut biaya. Desa yang mau mengajukan permohonan bisa di download (DISINI) di scan + E-ktp penanggung jawab dan bisa di kirim email ke rtikbojonegoro@gmail.com

Desa yang kita buat untuk percontohan di hadiahkan saat Hari Jadi Bojonegoro #HJB336 sebagai berikut :

  1. http://sedahkidul.desa.id/
  2. http://jelu.desa.id/
  3. http://pungpungan.desa.id/
  4. http://sukoharjo-kalitidu.desa.id/
  5. http://www.penganten.desa.id/
  6. http://kenep-balen.desa.id/
  7. http://ngambon.desa.id/
  8. http://kandangan.desa.id/
  9. http://banjarjo.desa.id/
  10. http://mulyorejo.desa.id/
  11. http://dander.desa.id/
  12. http://sukorejo.desa.id/
  13. http://pandanwangi.desa.id/
  14. http://kalangan.desa.id/

WebDes Akan di fokuskan Untuk website Desa Yang Ada di Kabupaten Bojonegoro Yaitu ada 420 Desa Se-Kabupaten Bojonegoro. Mari bersama membangun masyarakat informasi dan kami akan mewarnainya.

Baca Juga

About the author: faun

Bisa di temui di www.fauns.id

Tinggalkan komentar