Membangun Masyarakat Informasi|Selasa, Oktober 24, 2017
Kamu berada di Home » Bojonegoro » Kabupaten Bojonegoro Menuju Kemandirian Desa Berbasis IT
  • Ikuti Kami

Kabupaten Bojonegoro Menuju Kemandirian Desa Berbasis IT 

webdes

Website Desa
Dalam mempermudah memberikan informasi kepada masyarakatnya, Desa Se-Kabupaten Bojonegoro telah mempersiapkan WebDes (website desa) untuk memberitahukan apa saja yang berkaitan dengan informasi berita terbaru dunia Desa. Memang saat ini perkembangan tekhnologi berkembang sangat cepat, dimana para warga masyarakat tersebut akan sendirinya muncul tentang kesadaran akan kebutuhan informasi yang murah dan cepat melalui swadaya dari masyarakat setempat, serta terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan teknologi jaringan yang dapat dijangkau oleh warga.

Dengan adanya WebDes ini masyarakat mendapatkan banyak keuntungan, keuntungannya antara lain:
– Mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat melalui internet tak terbatas waktu (24 jam nonstop).
– Sebagai sarana komunikasi/silahturrahmi antar warga.
– Sebagai upaya mencerdaskan warga dibidang teknologi informasi.

Tidak hanya itu saja, pemerintah bisa ikut terlibat dalam pengembangan Tekhnologi Informasi, diharapkan akan terciptanya pelayanan kepada masyarakat yang efektif dan efisien didalam berbagai hal. Implementasi layanan penyediaan informasi yang komunikatif (dua arah) melalui Website ini, sebagai bentuk pelayanan peran serta masyarakat dalam pembangunan menuju desa sehat dan cerdas sesuai jargon 430 Desa Kabupaten Bojonegoro.

Blog KIM
Blog dalam rangka mempermudah informasi bagi masyarakat, maka dibuatlah sebuah sarana berupa Blog yang memuat informasi-informasi penting seputar Desa. Blog KIM ini memuat beberapa informasi seperti seputar Desa Se-Kabupaten Bojonegoro seperti Situs Sejarah, Seni Budaya, Religius, Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi, Masyarakat, Pendidikan, Kesehatan, dan Wisata Kuliner. Sekarang ini sudah terbentuk portal media KIM sebanyak 35 KIM di pedesaan.

Disamping itu juga memuat informasi seputar pemerintahan Desa seperti keadaan umum pemerintahan, kelembagaan masyarakat yang terdapat di Desa, keamanan dan ketertiban. Dari Blog ini juga dapat dilihat produk unggulan yang ada di Desa seperi budidaya jamur dan abon jamur contoh ada di blog KIM Depok (Desa Klampok Kec. Kapas Kab. Bojonegoro) yang beralamat di www.klampok.co.id.

Penerapan WiFi di Balai Desa
Banyak cara untuk menumbuhkan budaya belajar dan membaca di kalangan anak muda, salah satunya dengan cara membuat area free WiFi di Balai Desa. Salah satu alasan yang mendasar, kenapa pusat belajar di bangun melalui koneksi internet seperti WiFi karena salah satu media yang sering digunakan pemuda desa untuk melakukan browsing mencari pengetahuan baru. sehingga konsep ini bisa diterima dengan baik dan mampu menggairahkan minat baca pemuda Desa.

Pada dasarnya, semua orang gemar membaca apalagi melalui internet bisa berjam jam di depan laptop atau sekedar Gaged, tak ada kata malas. Model belajar di internet ini berfungsi sebagai layanan yang diperuntukkan bagi anak muda yang suka membaca.

Kenapa pusat belajar ini sasarannya anak-anak muda, karena generasi muda jelas adalah masa depan bangsa Indonesia dan juga dunia. Fasilitas yang tersedia seperti tempat belajar dan taman bacaan masyarakat yang disusun dengan konsep modern, sehingga nuansanya berbeda jauh dengan perpustakaan dan pusat belajar formal lainnya.

Di tempat area WiFi gratis ini sudah tersedia sedikitnya model berlajar jaman moderen saat ini, di mana model layanannya sama dengan orang kota. Selain itu, tempat Balai Desa ini juga harus dilengkapi dengan fasilitas perangkat IT untuk menunjang akses informasi yang relevan bagi kaum muda. Tentunya konten informasi yang dapat diakses yang bersifat inspirasional dan education, agar nantinya dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi masyarakat, untuk meningkatkan kecerdasan maupun perekonimian warga Desa.

Administrasi Perizinan Berbasis IT
Manfaat IT dalam perkembangan kehidupan sehari hari memang sangat banyak, manfaat IT terutama untuk pendidikan, industri, internet, dan berbagai bisnis dan dunia lainnya sangat banyak.

Teknologi informasi memiliki peran yang sangat vital terutama untuk dunia bisnis dan pendidikan. Bisnis tanpa memanfaatkan IT akan cendrung menjadi kendur dan terancam bangkrut. Banyak pejuang bisnis yang beralih dengan memanfaatkan teknologi untuk mendukung keberlangsungan dan meningkatkan keuntungan bagi warga Desa.

Manfaat IT dalam membangun suatu individu, pemerintahan Desa, pemerintahan Kabupaten, bahkan sebuah Negara sangat berdampak besar. Terbukti bahwa IT (Information Technology) dapat mengubah suatu Individu, Organisasi, bahkan Pemerentah dan negara seperti membuat pekembangan dan kemajuan untuk mereka ataupun dapat menjatuhkan mereka secara mudah.

Di Desa kini mulai menerapkan pelayanan berbasis IT dalam rangka untuk mempermudah warga dalam urusan perizinan, seperti kelengkapan pengurusan KTP, persyaratan surat pindah dan lain sebagainya. Sehingga hal ini dapat menaikkan kualitas pelayanan masyarakat.

Sehingga pada hari Sabtu, 20 Desember 2014 pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan bantuan Relawan TIK Bojonegoro akan mengundang seluruh perangkat desa Se-Kabupaten Bojonegoro untuk mengikuti Seminar Sistem Informasi Desa dan Website Desa 2.0 agar semua desa sebanyak 430 Desa itu bisa menerapkan IT untuk kebutuhan dan laporan sehari-hari menuju kemandirian Desa.

Baca Juga

About the author: faun

Bisa di temui di www.fauns.id

Menanggapi Kabupaten Bojonegoro Menuju Kemandirian Desa Berbasis IT

  1. Raliem

    Sayang sekali program yg bagus cuma jadi wacana.
    Karena sampai sekarang tidak ada kelanjutannya.
    Pengen juga ikutan berperan, sayang programnya gak jelas jalannya… : (

     

Tinggalkan komentar