Membangun Masyarakat Informasi|Selasa, Oktober 24, 2017
Kamu berada di Home » Berita » Kenali Androidmu di PEKAN TIK Bojonegoro 2015
  • Ikuti Kami

Kenali Androidmu di PEKAN TIK Bojonegoro 2015 

android bojonegoro

Hari Ke-4 Pekan TIK Bojonegoro 2015. Materi yang dibahas yaitu “Kenali Androidmu”. Buat kamu pengguna android udah pada kenal dengan gadget yang dipegang sehari-hari belum? Dengan mengikuti  PEKAN TIK Bojonegoro 2015  materi “Kenali Androidmu!!” kamu jadi lebih kenal dengan dengan gadget kamu. pada materi kali ini disampaikan oleh pemateri dari Kelompok Studi Linux (KSL) AKN Bojonegoro. Yang dikupas pada pelatihan ini antara lain :

1. Apa itu Android ?
Pengenalan android. kalo kamu menggunakan HP/Gadget/Smartphone berbasis Android tapi kamu gak tau apa itu android ? Apa dunia kata coba !! dengan pelatihan ini peserta jadi tahu apa itu android. Android itu merupakan sistem operasi pada gadget HP/smartphone, tablet, laptop. Android itu sistem operasi seperti halnya windows, linux(ubuntu,dll), IOS, Symbian, dll.  Namun Andoid bersifat open source yang  free lisensi . dengan begitu kita bisa menggunakan dan mengubah sesuka hati (seperti merubah tampilan sampai ke sistemnya, semisal custom ROM dan oprek ROM).

2. Versi Android
Ada beberapa versi loh android itu mulai dari A-Z kemungkinan, karena versinya akan terus berkembang. Mulai dari versi pertama  yaitu A (Alpa 1.0) sampai versi saat ini L (Lollipo 5.0). untuk versi B,C,D,E, dst bisa anda browsing sendiri kawan, okeh. Dan rata-rata nama dari versi android ini makanan loh. ntah apa alasan develop membuatnya diberi nama makanan. Ntah itu pembuatnya emang  doyan makan atau mungkin jarang makan karena sibuk coding, dengan diberi nama makanan kan bisa puas kitu kali pikirnya, Tapi ntahlah. Seperti kita ketahui pada versi sebelumnya Ice Cream Sndwith (ICS), Jelly bean, Kitkat, dan Lollipop, semua itu nama makanan loh.

Kira-kira untuk versi berikutnya M apa ya ? ada yang sudah tahu ? apakah Martabak ?.. atau Makroni ? 😀 . Ntahlah kita tunggu saja yak.

3. Trouble Setting Android
Dijelaskan saat menangani troble setting android. seperti waktu hang, crash, lag dan sejenisnya. sedikit sharing ya kalo sobat mau hemat batre androidnya  :
a. Usahakan jangan terlalu membuka banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar seperti jejaring sosial, dll.
b. Jangan gunakan Live wallpaper gunakan walpaper yang simple” saja.
c. Cari aplikasi pihak ketiga untuk menghemat batre, seperti DU Batre, dll. di play store ada banyak kok.
Buat yang suka custom ROM , gunakanlah custom ROM yang sudah benar-benar stabil. dengan perbandingan bertanya di milis grup”, FB, dll. atau bisa anda lihat pengalaman pengguna custom ROM sebelumnya.

Selain itu juga masih banyak lagi yang dijelaskan dalam Trouble Setting Android.

4. Tips Memilih Gadget Android
a. Budget / anggaran anda.
kalo mau beli sesuaikan antara anggaran dengan kebutuhan.
b. Ukuran & Resolusi Layar
Sebelum anda membeli ponsel android perhatikan ukuran layar. ada bebera jenis mulai dari 3-8  inchi. sesuaikan kebutuhan anda. kalo anda tidak kerepotan saat memasukkan saku saya sarankan pilih yang “4 inchi” saja. Namun semua kembali sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.
b. Lihat Versi Processornya
Kebanyakan orang memilih besarnya RAM. Namun tidak sepenuhnya besarnya RAM lebih baik. karena otak sistem itu prosesor, dengan prosesor berkecapatan tinggi maka kinerja androd anda akan lebih baik. Namun Besarnya RAM juga mempengaruhi kinerja gadget anda.
c. Versi OS
Versi OS ini juga sesuai dengan anggaran anda. tapi disarankan untuk tahun 2015 belilah android Minimal versi 4.00 keatas karena aplikasi-aplikasi baru kebanyakan mendukung versi itu
d. Ukuran  RAM
Besarnya RAM juga mempengaruhi kinerja gadget anda. semakin besar maka kinerja android anda akan lebih baik. namun juga harus diperhatikan type jenis prosessornya Seperti yang dibahas sebelumnya.
e. Ukuran ROM
ROM ini merupakan internal penyimpanan dari android kita. untuk ROM kita sesuaikan sesuai dengan kebutuhan saja, toh untuk penyimpanan bisa kita tambahi dengan memori card / memory eksternal.
c. Lihat Pengembang dari Type dari Merk yang akan anda beli
Lah untuk ini buat kamu sobat oprek’ers. sebelum kamu memutuskan membeli android atau ganti gadget anda. maka perhatikanlah banyaknya pengembang, bisa anda googling dan cari grup di FB yang aktif para membernya, aktif disini bukan sekedar posting tapi yang giat oprek dan sharing dari hasilnya biasanya ditampilkan SS . dengan begitu anda dapat mengembangkan performa dan kenyamanan android yang akan kamu beli. Kan gadgetmu  jadi gak Garing gitu !

Selain itu pada akhir acara juga dilakukan dasar dan cara oprek system UI dari android oleh pemateri.

Pepatah mengatakan “kalo tak kenal maka tak sayang” dengan mengenalnya maka akan lebih suayang dah sama Gadget Android kita.

Baca Juga

About the author: Sugeng Siswanto

Anak biasa yang selalu ingin tahu hal yang baru

Tinggalkan komentar