Membangun Masyarakat Informasi|Selasa, Oktober 24, 2017
Kamu berada di Home » Bojonegoro » Ketika Desa 2.0 di Bojonegoro Bisa Bicara Pada Dunia
  • Ikuti Kami

Ketika Desa 2.0 di Bojonegoro Bisa Bicara Pada Dunia 

sistem informasi desa

Relawan TIK Bojonegoro hari Sabtu 20 Desember 2014, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro mengadakan Seminar & Workshop Sistem Informasi Desa dan Website Desa 2.0 dengan mengangkat tema “Ketika Desa 2.0 bicara pada Dunia”. Dari 430 Desa di Kabupaten Bojonegoro, 35 diantaranya sudah mulai Go Online tentang sistem keterbukaan desa. Sudah saatnya para perangkat desa dan masyarakat-masyarakat di desa mulai melek Teknologi Informasi.

Seminar pertama tentang tata kelola pemerintah terkait pengembangan IT oleh Jumari kepala Dinas BPMD (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Bojonegoro.

Dilanjut dengan materi dari Kusnandaka Tjatur Prasetijo (Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bojonegoro) tentang Kemandirian Desa Berbasis teknologi Informasi.

Lebih dari 740 peserta seminar yang mengikuti acara tersebut, padahal kapasitas dari Pendopo Malowopati Pemkab hanya berkapasitas 500 orang. Alhasil suasana jadi padat merayap dan sangat berkesan.

Yang paling menarik, materi dari Kepala Desa Dermaji Banyumas Jawa Tengah yang turut menjadi narasumber diacara seminar ini. Bayu Nugroho Kepala Desa Dermaji berbagi pengalaman kepada para peserta seminar yang mayoritasnya adalah perangkat dari 430 desa sekabupaten Bojonegoro.

Dalam Seminar ini juga kedatangan Narasumber Sigit Widodo Ketua bidang sosialisasi PANDI (Pengelola Domain Indonesia) yang memberikan materi tentang manfaat penggunaan domain .ID, khususnya domain desa.id kepada peserta seminar.

Dilanjut pengukuhan Komisariat Relawan TIK Desa dan pengukuhan pengurus Forum Kelompok Informasi Masyarakat yang dilakukan langsung oleh Bupati Bojonegoro, Drs. H. Suyoto, M.Si walaupun beliau datang agak siang karena masih ada agenda i luar kota, dan setelah itu beliau langsung meninggalkan tempat seminar untuk menuju Desa-desa di Bojonegoro dengan Motor Trail kesayangannya.

Acara ditutup dengan materi tentang Game My Village dan materi Website Desa 2.0 dari Gerakan Desa Membangun yang dipaparkan oleh Soepriyanto Relawan TIK Banyumas.

Semoga apa yang kita lakukan hari ini bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan bermanfaat untuk seluruh masyarakat Bojonegoro.

Baca Juga

About the author: Nova Wijaya

Digital Buzzer, Digital Marketing, Blogger

Tinggalkan komentar