Membangun Masyarakat Informasi|Senin, Juli 24, 2017
Kamu berada di Home » Artikel » Kisah Sukses 20 Pemuda Bojonegoro lulusan SLTA Bekerja di PT Elnusa Tbk
  • Ikuti Kami

Kisah Sukses 20 Pemuda Bojonegoro lulusan SLTA Bekerja di PT Elnusa Tbk 




kang yotoJum’at, 08 Januari 2016 setelah pelaksanaan dialog publik di Pendopo Pemkab Bojonegoro, Kang Yoto, Bupati Bojonegoro didatangi seorang pemuda bernama Hari, dari Kapas Bojonegoro. Kang Yoto kemudian menanyakan siapa kamu? Hari menjawab bahwa saya adalah alumni peserta Skill Training PT Elnusa TBK yang dikirim oleh Pemkab Bojonegoro tahun 2013. Kang Yoto langsung menanyakan karir mereka bagaimana? dari hasil perbincangan dengan Kang Yoto, Hari dan teman – temannya sebanyak 20 orang sekarang sudah bekerja di PT Elnusa Tbk, sebuah perusahaan yang bergerak di Explorasi Minyak dan Gas Bumi. Pada sore itu Hari dan temannya yang berjumlah 7 orang sengaja hadir ke Pendopo untuk bertemu Kang Yoto dan menceritakan kesuksesan mereka setelah mengikuti Program Skill Training kerjasama antara Pemkab Bojonegoro dengan PT Elnusa Tbk. Perlu diketahui gaji 20 pemuda ini mencapai 5 juta rupiah per bulan dengan masa kerja kurang lebih 14 hari.

Kang Yoto begitu mendengar cerita dari Hari langsung berkata, ” Aku Bangga dengan Kalian, Kamu bisa membuktikan pada Bojonegoro, walaupun Ijazah Kalian hanya SLTA dan dari keluarga tidak mampu, dengan skill yang kamu miliki kamu bisa bekerja di sebuah perusahaan besar sekelas Elnusa bersaing dengan strata pendidikan di atas SLTA”.

Setelah itu, Kang Yoto bercerita, bagaimana 20 pemuda ini bisa sampai tahapan seperti sekarang. Bermula dari Kang Yoto diminta untuk mengisi Training di Perusahaan PT. Elnusa Tbk, tapi beliau tidak mau menerima gaji training tersebut akan tetapi Kang Yoto meminta imbalan kepada Elnusa untuk memberikan pelatihan Skill pada pemuda di Bojonegoro. Perusahaan setuju dengan memberikan kuota 50 pemuda lulusan SLTA. Pemkab akhirnya menyeleksi dari pemuda sebanyak 3500 orang dari keluarga tidak mampu sehingga diperoleh sebanyak 50 orang untuk didelegasikan mengikuti Skill Training tersebut. Masa Training selama 6 bulan, sangat mengejutkan ke 50 peserta bisa menyelesaikan tahapan hanya 5 bulan masa pelatihan lebih cepat 1 bulan dari yang ditargetkan. Dari Hasil training tersebut menurut keterangan dari Hari, 20 orang diterima dan bekerja di Perusahaan Elnusa dan 30 orang lainnya didistribusikan kepada perusahaan – perusahaan besar yang membutuhkan skill mereka.

Bupati Bojonegoro yakin dengan meningkatkan skill sumber daya manusia Bojonegoro, kita akan bisa mewujudkan Bojonegoro yang cerdas, kreatif, produktif dan bahagia. 50 pemuda ini berencana ingin sharing kepada pemuda yang lainnya kisah sukses mereka untuk memotivasi dan memberikan inspirasi buat masyarkat bojonegoro untuk lebih semangat lagi dalam mencapai cita – cita mulia. (Shela)

Baca Juga




Tinggalkan komentar