Membangun Masyarakat Informasi|Senin, Juli 24, 2017
Kamu berada di Home » Cerita » Komunitas Blogger Bojonegoro Untuk Hidup Lebih Bermakna
  • Ikuti Kami

Komunitas Blogger Bojonegoro Untuk Hidup Lebih Bermakna 




rifaun naimMenurut kamus ngasal saya, komunitas bisa berarti suatu kelompok atau perkumpulan dalam masyarakat, dimana biasanya anggota-anggotanya memiliki suatu tujuan tertentu dan atau persamaan dalam suatu hal. Di Indonesia dan di Bojonegoro khususnya, keberadaan komunitas ini sudah menjamur, mengakar dan bahkan melumut saking banyaknya. Ada komunitas sepedah motor, komunitas anak band, komunitas fotografi, dan tentu saja komunitas blog. Lalu apa saja sih keuntungan dari ikut komunitas apalagi ikut Komunitas Blogger? Kayaknya kok cuma ngumpul-ngumpul nggak jelas gitu sambil hura-hura buang uang aja?

Ceritanya gini saat saya mencari ilmu di luar kota Bojonegoro. Berada jauh dari kampung halaman selama beberapa tahun tentu saja membuat saya rindu akan kota Bojonegoro. Rindu masakan khasnya, rindu karakter masyarakatnya, rindu logatnya, pokoknya rindu semuanya. Nah, saat sedang bercerita tentang kerinduan kampung halaman, saat itu pula saya mempunyai ide dengan beberapa teman untuk mendirikan Komunitas Blogger Bojonegoro, Tak hanya mengobati kerinduan saya tentang kota Bojonegoro, saat mendirikan Komunitas Blogger ini ternyata juga membuat diri saya berubah drastis, Hidup saya jadi lebih berwarna dan lebih bermakna. kok bisa?

Komunitas Blogger Bikin Kita Punya Banyak Ilmu
Okelah, dalam sebuah Komunitas Blogger pasti ada satu kesamaan dari tiap anggotanya. Entah itu kesamaan hobi, kesamaan profesi, bahkan kesamaan keterampilan. Tapi di luar kesamaan itu pasti mereka punya profesi dan latar belakang yang berbeda. Misalnya di sebuah Komunitas Blogger, ada yang berprofesi jadi dokter, ada yang guru, ada yang direktur di sebuah perusahaan, bahkan ada yang masih mahasiswa. Dengan adanya perbedaan latar belakang yang terkumpul dalam suatu wadah bernama Komunitas Blogger, pastinya membuat kita jadi banyak tahu tentang banyak hal. Kita bisa tahu tips-tips kesehatan dari anggota yang jadi dokter, kita bisa tahu kesibukan seorang direktur perusahaan dan tau bagaimana seluk beluk mengelula sebuah perusahaan. Dijamin ilmu kita nambah deh kalo ikut Komunitas Blogger.

Komunitas Blogger Bikin Kita Banyak Temen
Sebelum adanya sebuah komunitas yang ingin memajukan kota daerah yaitu kora ledre, saya belum banyak teman apalagi tidak aktif di kota sendiri. Tapi setelah medirikan Komunitas Blogger, sedikit demi sedikit saya mulai bisa belajar untuk terbuka. Untuk saling mengenal satu sama lain, dan belajar untuk peduli, belajar untuk membaur dengan banyak karakter dan ternyata, punya banyak temen itu menyenangkan.

Blogger Bojonegoro

Komunitas Blogger Bikin Kita Bertanggung Jawab
Idealnya, dalam sebuah Komunitas Blogger pasti ada kepengurusan. Semacam organisasi gitu untuk saling membantu kelangsungan hidup. Apalagi kalau Komunitas Blogger yang aktif dan banyak kegiatan rutin untuk meyebarkan potensi yang ada di daerahnya masing-masing, tentu saja koordinasi antar anggotanya benar-benar dibutuhkan, nah disinilah kita bisa belajar bertanggung jawab. Dari mulai hal yang kecil seperti menyebarkan informasi acara secara rutin, sampai yang rumit seperti menjadi ketua pelaksana pada acara besar, semuanya membuat kita belajar bertanggung jawab.

Aktif Dalam Memberikan Pelatihan Blog
Saya sendiri mulai akrif di Blogger Bojonegoro udah 2 Tahun. Dan selama hampir 2 tahun, saya sudah mendapatkan buanyak sekali cerita dan pengalaman. Yang seru, yang menyenangkan, yang sedih, juga yang melelahkan. Semuanya ada. Semuanya membuat hidup saya lebih bermakna.

Di antara kegiatan rutin Blogger Bojonegoro seperti Jungok (kopi darat) dan pelatihan blog di Instansi Telkom dan Sekolahan yang di gunakan untuk kegiatan Blogger Bojonegoro Road To School and Campus, ada satu kegiatan yang benar-benar berkesan buat saya.

Kenapa berkesan? Karena acara talkshow/sharing yang mendatangkan satu ahli dalam suatu bidang sebagai narasumber yang nantinya akan berbagi ilmu kepada kita semua. Selain itu kebetulan saya di daulat untuk menjadi Tim Penasehat. Bagi saya ini adalah pengalaman yang mungkin tidak akan pernah saya dapatkan dari tempat lain. Merencanakan sebuah acara besar, menyebar undangan, mencari narasumber, survey lokasi, mengurus ini itu sampai lobi ke instansi Pemkab Bojonegoro dan beberapa Dinas, deg-degan bertemu orang-orang besar tapi dengan tekat untuk memajukan IT perasaaan itu sirna sudah.

Bergabung dalam suatu Komunitas Blogger menurut saya penting dan banyak sekali manfaatnya. Yang jelas, kita jadi banyak tahu, banyak ilmu dan tentu saja banyak teman dan pengalaman. Jadi kalau kalian merasa hidup kalian sudah terlalu membosankan karena menjalani rutinitas yang itu-itu saja, mungkin ada baiknya bergabung dengan Komunitas Blogger satu daerah biasanya setiap daerah ada Komunitas Bloggernya.

Baca Juga




About the author: faun

Bisa di temui di www.fauns.id

Tinggalkan komentar