Membangun Masyarakat Informasi|Selasa, Juli 25, 2017
Kamu berada di Home » Artikel » Memanfaatkan Aplikasi TeamViewer
  • Ikuti Kami

Memanfaatkan Aplikasi TeamViewer 




Team Viewer logoSaat ini memang kita tidak terlepas dari yang namanya internet. Hampir sema pekerjaan kita memanfaatkan internet. Seiring perkembangan zaman internet pun mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dulu awalnya internet cuma untuk kalangan terbatas namun saat ini semua orang bisa memanfaatkannya.

Kali ini saya akan sharing tentang aplikasi TeamViewe. Sebelum saya membahas tentang penggunaan aplikasi ini saya mau sharing dulu apa itu Team Viewr. TeamViewer adalah aplikasi untuk untuk mempermudah kita dalam berhubungan antara device atau perangkat satu dengan perangkat lain.

aplikasi ini hampirsama dengan skype, namun ini lebih banyak fiturnya kerena memang aplikasi ini di ciptakan untuk Remote dan Meeting (Video call).

Aplikasi ini diciptakan dan dirancang untuk Multiplatform, yaitu bisa di jalan kan di hapir semua perangkat, dari windows, linux, hingga Android.

Operating system Android, iOS, Linux, Mac OS X,Windows, Windows Phone 8,Windows RT, BlackBerry
Available in Multilingual
Type Remote administration software,Web conferencing
License Proprietary, free for non-commercial usage
Website TeamViewer

Pada dasarnya fungsi Utama aplikasi ini ada 2 yaitu sebagai *Remote Control dan Meeting.

*Untuk lebih jelasnya, temen-temen bisa download dan coba-coba mengoprrasionalkan.

Namun sebelum menggunakan dan memanfaatkan aplikasi ini ada beberapa yang harus di perhatikan, diantaranya :

  1. Masing-masing perangkat harus terinstal Aplikasi TeamViewer. Aplikasi bisa di download di sini.
  2. Yang paling penting adalah perangkat harus sama-sama terkoneksi dengan Internet.
  3. Untuk kinerja yang optimal dibutuhkan akses internet yang lancar dan stabil.

Pada fungsi Remote control ini ada beberapa fitur, diantaranya adalah meremote computer Partner melalui komputer kita. Meremote di sini maksud nya adalah kita dapat mengoprasikan atau mengendalikan komputer orang lain dengan jarak jauh dalam hal ini kita meremot dengan menggunakan teamwiewer . Kita tidak perlu berhadapan langsung dengan komputer Partner, yaitu cukup dengan hanya saling terhubung dengan jaringan internet dan sama-sama terhubung teamviewer.

Tampilan TeamViewer – Remot Control

1. Home - Remote Control

Tampilan TeamViewer – Meeting

1. Home - Meeting

Berikut adalah cara penggunaannya.

Untuk Mencoba, kali ini saya memakai yang Remote Control, berikut adalah tampilan utamanya.

1. Home - Remote Control

Nah, pada gambar terdapat  kolom Partner ID , Partner ID ini di isi dengan ID Partner yang ingin kita hubungkan dengan komputer kita. kemudian Kemudian klik Connect to Partner.

Masing masing Team Viewer ada ID dan Password. Sebagai contoh di atas ada YOUR ID dan PASSWORD, Id dan Password di atas adalah milik dari Komputer yang saya pakai. Jadi jika orang lain ingin terhubung dengan komputer saya, harus tau ID dan PASSWORD (TeamViewer) Komputer saya. Sebelum sama-sama ingin terhubung berarti kita harus janjian dengan pemilik komputer atau Partner kita 😀 .

Password

setelah komputer terhubung akan minta Password, kemudian isilah password dari komputer partner teman kita. Berikut adalah tampilan stetlah komputer sama sama terhubung.

Setelah sama-sama terhubung, kita bisa menggunakan atau mengoprasionalkan komputer partner kita. untuk percobaan bisa di coba Shutdown komputer partner kita atau me-Restart.
*ini juga bisa buat ngerjain partner kita karena kita bisa mengendalikan komputer lawan, otomatis kendali komputer lawan ada pada kita 😀 .

2. Tampilan Setelah Login

Selain untuk meremot komputer, terdapat beberapa fasilitas yang hampir mirip dengan Skype, diantaranya adalah Chat, Video Call, Audio (VoIP dan Phone), dan Whiteboart.

Chat

Nah selain di atas, fungsi lain yang sangat berguna adalah fasilitas transfer file.

Transver file

Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa mencoba di komputer masing-masing. Di jamin asyik, terutama untuk ngerjain teman kita saat komputer sudah saling terhubung. Akhir kata, Selamat Mencoba 😀 .

Terimakasih.
fajarnur[DOT]com 

Baca Juga




Tinggalkan komentar