Memanfaatkan Google Docs untuk Pekerjaan Relawan

Memanfaatkan Google Docs untuk pekerjaan Relawan

 Apa Itu Google Docs ?

Google Docs merupakan salah satu aplikasi produk dari clip_image002Google untuk kebutuhan pembuatan dokumen. Yaitu aplikasi perkantoran. Mulai dari pengolah kata (word processor), pengolah lembar kerja (spreadsheet) dan presentasi (presentation). Dan Google Docs bukan hanya menyimpan saja, namun juga bisa digunakan untuk untuk mengolah, menyimpan, membuat, meng-edit dokumen perkantoran seperti layaknya Microsoft Office pada Windows atau Open Office pada Linux secara online. Semuanya dalam satu paket dan tidak perlu menginstal di komputer. Karena sangat luar biasa atau bisa disebut aplikasi tandingan dari Office 365 milik microsoft

Fitur Dasar Dalam Google Docs

  1. Mengedit dan menyimpan file.
  2. Mengu-upload file.
  3. Mengatur hak akses.
  4. Bekerja secara offline dokumen.
  5. Mendownload atau mengunduh file.
  6. Fasilitas see revision history.
  7. Translate dokumen.

Kelebihan Google Docs

  1. Mudah.
  2. Gratis.
  3. Tragedi data hilang akibat kerusakan harddisk bisa dihindarkan.
  4. Support dan dokumentasinya lengkap.
  5. Menggunakan editor WYSIWYG (What You See Is What You Get) yang sederhana untuk memformat dokumen, memeriksa ejaan, dan sebagainya.
  6. Akses pekerjaan kapan saja, di mana saja, Google Documents diberdayakan dengan aman oleh web, memberikan Anda fleksibilitas untuk tetap produktif di meja, di perjalanan, di rumah, dan di ponsel Anda, bahkan ketika Anda sedang luring sekali pun.
  7. Bekerja di beragam sistem operasi, Google Documents bekerja pada peramban di komputer PC, Mac, dan Linux, serta mendukung format umum seperti .doc, .xls, .ppt, dan .pdf.
  8. Kemudahan mengunggah dan berbagi berkas, Berkas yang disimpan di Google Documents dapat selalu diakses baik untuk mengunggah atau berbagi.
  9. Kontrol akses aman, Administrator dapat mengelola izin berbagi berkas di seluruh sistem, dan pemilik dokumen dapat berbagi dan mencabut akses berkas setiap saat.

Kekurangan Google Docs

  1. Membutuhkan koneksi internet

Cara memanfaatkan Google Docs

Anda harus memiliki sebuah alamat Gmail yang aktif untuk proses pendaftaran dan aktifasi situs. Account Gmail (Google Mail, http://www.gmail.com). Google sudah mengintegrasikan akun Gmail untuk semua layanan fasilitas Google.

  1. Sebelum masuk ke dalam Google Docs, pastikan kita sudah memiliki account universal Google. Apa itu Account universal Google? Yaitu account untuk semua layanan fasilitas Google. Nah, kalau kita sudah punya Gmail, gunakan akun itu untuk semua fasilitas Google.
  1. Setelah pastikan anda memiliki account Google, sekarang saya minta anda untuk yakinkan diri anda bahwa anda sudah memiliki account Google, kalau belum yakin silahkan kembali ke langkah pertama.
  2. Bukan https://docs.google.com dan masukan akun Google pada bagian login, maka akan menampilkan halaman berkut. clip_image004
  1. Ini adalah halaman Google Docs, ini adalah dokumen yang saya miliki di Google Docs, clip_image006

clip_image008

Untuk membuat dokumen baru Anda bisa meng-klik lingkaran biru dengan tandang plus + untuk membuat file doc, dan Browser akan membuka tab baru untuk mempersiapkan wadah Penulisan Tampilan ini memang cukup simpel untuk mengerjakan tugas-tugas kantor, –

clip_image010

Membuat Nama File

Standart nama dokumen yang akan Anda buat adalah Untitled document. Anda bisa merubahnya dengan cara sebagai berikut:

  1. Sorot judul dokumen tersebut, lalu klik sekali.                                                clip_image012

Demikian sekilas Google Docs semoga bermanfaat

1 komentar pada “Memanfaatkan Google Docs untuk Pekerjaan Relawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.