Membangun Masyarakat Informasi|Minggu, Oktober 22, 2017
Kamu berada di Home » Bojonegoro » Membangun Hotspot RT/RW Net Desa Bojonegoro
  • Ikuti Kami

Membangun Hotspot RT/RW Net Desa Bojonegoro 

TiangAntena Access Point

sidekaPengertian Internet
Internet (kependekan dari pada ‘interconnected-networking’) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket  (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Pengertian RT/RW Net Desa
RT/RW Net Desa adalah jaringan komputer warga Desa dalam ruang lingkup RT/RW melalui media kabel atau Wireless 2.4 Ghz dan Hotspot sebagai sarana komunikasi masyarakat. Pemanfaatan RT/RW Net ini dapat dikembangkan sebagai forum komunikasi online yang efektif bagi warga Desa untuk saling bertukar informasi, mengemukakan pendapat, melakukan polling ataupun pemilihan ketua RT/RW Desa dan yang lainya serta bebas tanpa dibatasi waktu dan jarak melalui media GoogleDoc/E-Mail/Chatting/WebDes, disamping fungsi koneksi internet yang menjadi fasilitas utama. Bahkan fasilitas tersebut dapat dikembangkan hingga menjadi media telepon gratis dengan teknologi VoIP.

Konsep RT/RW Net Desa Bojonegoro sebetulnya sama dengan konsep Warnet. Pemilik RT/RW Net yang berada di Desa akan menyewa bandwith dari penyedia internet / ISP (Internet Service Provider) misalkan Telkom, Indosat atau Indonet, lalu dijual kembali ke warga Desa. Yang membedakan antara Warnet dengan RT/RW Net adalah tempat pelanggannya berada. Pelanggannya RT/RW Net menggunakan internet di rumah masing-masing, tidak di tempat RT/RW Net tersebut berada.

Tujuan membangun RT/RW Net Desa Bojonegoro
•    Turut serta dalam pengembangan internet murah di masyarakat. Khususnya untuk Desa Bojonegoro
•    Membangun komunitas yang sadar akan kehadiran manfaat teknologi informasi dan internet
•    Sharing informasi dilingkungan RT/RW sehingga warga Desa lebih peduli terhadap lingkungan disekitarnya
•   Mempromosikan setiap kegiatan pemerintahan Desa ke Internet melalaui WebDes (Website Desa) yang di kembangkan oleh Relawan TIK Bojonegoro dan GDM sehingga basis data, kegiatan, produk dan potensi Desa dapat lebih di kenal dan bisa dijadikan sarana untuk mengambil kebijakan dan bisa di buat jual beli produk Desa lewat internet.

Tujuan lain dari RT/RW Net Desa Bojonegoro adalah untuk memanfaatkan dan mengembangkan 4 BLC Kecamatan dari program Cyber Extension dan Bojonegoro Digital Society yang sudah di biayai Pemkab Bojonegoro dengan uang rakyat (APBD) malalui MOU Pemkab Bojonegoro dan PT. Telkom tbk, dengan bantuan 10 Unit komputer.  Hal ini bisa di juga gunakan Desa untuk membangun jaringan Intranet untuk saling tukar menukar data warga Desa. Dengan mudahnya juga warga Desa bisa mengakses internet secara terus-menerus dan tidak terputus, maka diharapkan akan semakin maraknya pemanfaatan internet untuk kegiatan pendukung perekonomian pedesaan.

Access PointAccess Point
Fungsi Access Point adalah sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel para client/tetangga, di access point inilah koneksi internet ataupun intranet dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin tinggi kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya.Untuk Access Point kami memakai Antena Sectoral made-in Ubiquiti Networks. Bekerja pada frekwensi 2.4Ghz. Sudut sebar 90 derajat dan gain 16dBi, radio AP Rocket M2 yang sudah support MIMO diharapkan bisa optimal untuk pancaran ke client/tetangga.

MikrotikMikrotik
Untuk membangun sistem authentikasi pada Hotspot, sebenarnya Hotspot merupakan gabungan dari fungsi Proxy, Firewall, DNS, DHCP dan lain-lain. Tetapi anda untuk membuat sebuah hotspot server tidak perlu khawatir akan kekomplekan fungsi tersebut karena di Mikrotik anda diberikan “Bantuan” dalam bentuk Setup Wizard untuk membuatnya. Selain authentikasi, Hotspot pada Mikrotik juga mempunyai banyak fitur yang cukup menarik untuk diimplementasikan di jaringan RT/RW Net.

Fitur-fitur :

Limitasi
Dengan menggunakan hotspot server di jaringan, Nanti bisa melakukan limitasi berdasarkan berapa lama user akses jaringan (uptime), kecepatan akses (data rate), banyak data yang sudah digunakan (quota based), bahkan kebijakan policy firewall. Limitasi ini bisa diterapkan per user atau mungkin per group dari jaringan.

Plug n Play Connectivity
Apakah pernah mengalami repotnya merubah-rubah IP setiap terkoneksi ke jaringan wireless orang lain? Atau mungkin ada kasus di perangkat User memiliki security yang mengakibatkan user tersebut tidak diijinkan merubah-rubah IP pada perangkatnya? Dengan menggunakan Hotspot Server, tidak perlu mengkhawatirkan hal itu lagi. User bisa menggunakan sembarang IP statik di perangkatnya atau DHCP, nanti secara otomatis Hotspot server akan melakukan one to one nat agar client tersebut bisa akses ke jaringan.

Bypass
Normalnya, semua koneksi dari berbagai perangkat yang ada dijaringan Hotspot akan diblock sebelum melakukan login / autentikasi ke hotspot server. Tetapi tidak semua perangkat bisa melakukan sistem autentikasi tersebut, misalnya : Printer server, IP Cam, VoIP server dan sebagainya. Atau ada user yang memang istimewa tidak perlu melakukan login. Untuk perangkat-perangkat yang ingin di bypass, tidak perlu melakukan login untuk akses ke jaringan, bisa menggunakan fitur yang namanya IP Binding.

Voucher
Sudah pernah membeli voucher pulsa GSM? atau mungkin layanan internet di hotel-hotel yang mengharuskan meminta voucher di petugas? di Hotspot Mikrotik juga bisa membuat sistem voucher prabayar untuk calon pelanggan jasa internet. Bisa di tentukan harga dan jenis / detil limitasinya, nanti setiap ada calon pelanggan warga Desa yang datang ingin tekoneksi internet tinggal generate voucher yang akan berisi custom username dan password.

repeaterRepeater
Repeater digunakan untuk memperluas Hotspot WiFi yang sudah ada. Keuntungan dari repeater ini adalah menguatkan sinyal hotspot yang sudah ada dan juga menambah area hotspot. Setiap Repeater di set dengan menggunakan SSID dan kanal yang sama dengan Access point utama. Idealnya repeater dipasang ketika sinyal hotspot dari access point utama sudah menunjukan sinyal level weak. sehingga area layanan bisa lebih luas.

TiangAntena Access PointTiang/Antena Access Point
Tiang/Antena berfungsi sebagai penyangga access point. Alat ini sangat penting fungsinya dalam sebuah jaringan wireless, karena akan sangat menentukan kualitas signal yang dapat ditangkap oleh klien. Guna mendapat jangkauan area coverage yang maksimal, perlu menaikan access point ke tempat yang tinggi agar client WLAN bisa mengakses Hotspot WiFi.

NB : Mudah-mudahan dalam pengembangan kedepan jaringan hotspot untuk RT/RW Net Desa Bojonegoro segera terealisasi dan bisa dijadikan salah satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan dukungan Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro khususnya Dinas terkait (TiT… :D).

Baca Juga

About the author: faun

Bisa di temui di www.fauns.id

Tinggalkan komentar