Membangun Masyarakat Informasi|Selasa, Oktober 24, 2017
Kamu berada di Home » Berita » Pameran Aplikasi Pendukung Keterbukaan Dalam Festival OGP Bojonegoro 2016
  • Ikuti Kami

Pameran Aplikasi Pendukung Keterbukaan Dalam Festival OGP Bojonegoro 2016 

pameran-website-dan-aplikasi-pendukung-keterbukaan-dalam-festival-ogp-bojonegoro-2016

Semua tahu bahwa Kabupaten Bojonegoro, merupakan kabupaten yang saat ini menjadi sorotan di mata nasional maupun dunia. Karena berhasil meraih penghargaan pemerintahan terbuka sebagai perwakilan indonesia  yang masuk dalam 15 Kota Pilot Project Open Government Partnership.

Open Goverment Pilot Project sendiri adalah program dari Gerakan Open Goverment yang bertujuan untuk mempromosikan dan memperkuat pengelolaan birokrasi tingkat kota/kabupaten yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan responsif.

Kota/kabupaten yang terpilih dalam program ini adalah kota/kabupaten yang sudah menjalankan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan responsif. Yang menjadikan Bojonegoro itu “WOW” adalah sejajarnya Bojonegoro dengan 14 kota-kota besar lain di dunia, di antaranya Seoul, Paris, Madrid, Buenos Aires, Sao Paulo, dan sejumlah kota lain.

Sejalan dengan hal itu tepatnya pada tanggal 19-20 Oktober, pemerintah Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan Festival OGP (Open Governmnet Partner) Bojonegoro 2016.

pameran-aplikasi-pendukung-keterbukaan-dalam-festival-ogp-bojonegoro-2016

Didalam kegiatan ini, dipaparkan sekitar 60 aplikasi yang mendukung keterbukaan pemerintahan di Kabupaten Bojonegoro. Beberapa diantaranya yakni aplikasi Lapor, Pendataan Dawis Online, Aplikasi Cryme Alarm System (CAS) , dll.

 Rekan-rekan Relawan TIK Bojonegoro juga berkesempatan untuk mengisi stand pameran dalam Festival OGP Bojonegoro 2016. Disana kita berkesempatan memaparkan Website-website Desa kabupaten Bojonegoro yang sudah aktif.

 Relawan TIK Bojonegoro sejak di kukuhkan di Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro, pada tanggal 18 Oktober 2013 oleh Drs. Suyoto, M.Si Bupati Bojonegoro. Sudah mendedikasikan diri dalam bidang IT khususnya di bidang Pemberdayaan dan Edukasi masyarakat. Untuk ikut membangun Bojonegoro melalui dunia Teknologi Informasi.

Termasuk mendampingi desa-desa di Bojonegoro agar bisa mandiri dan melek Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pendampingan pembuatan website resmi desa juga bagian dari pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Relawan TIK. Sampai saat ini ada sekitar 80 website desa yang aktif.

Relawan TIK Bojonegoro memaparkan  website desa-desa yang aktif dan terisi secara optimal kontennya seperti Desa Pejambon, Desa Ngasem,  Desa Sedahkidul, dll.

Selain itu dipaparkan juga Aplikasi terbaru buatan Relawan TIK Bojonegoro, aplikasi “WebDes” portal berita desa yang berisi berita terbaru desa. Aplikasi ini terhubung dengan website desa-desa yang sudah aktif. Sehingga berita yang muncul, kontennya valid dan dapat dipertanggung jawabkan karena berasal dari masyarakat desa itu sendiri. Saat ini aplikasi “WebDes” bisa di download di Google Play Store karena berbasis sistem operasi handphone android.

Baca Juga

Tinggalkan komentar