Membangun Masyarakat Informasi|Selasa, Oktober 24, 2017
Kamu berada di Home » Berita » Pekan TIK Bojonegoro 2015 Hari Ke-2 “NETWORKING”
  • Ikuti Kami

Pekan TIK Bojonegoro 2015 Hari Ke-2 “NETWORKING” 

Pekan TIK Bojonegoro

Hari kedua Pekan TIK Bojonegoro 2015 mengusung tema “Mengenal Basic Jaringan Komputer (Basic Networking) & Aplikasi Sederhana”. Tepatnya Rabu 10 Juni 2015 merupakan hari kedua dari jadwal Pekan TIK 2015 dilaksanakan. Pada materi ini disampaikan oleh 2 Pemateri yang ahli dibidangnya yaitu Mas Shella dan Juga bersama kang Tata Budiman.

Pada tema kali ini  disampaikan mulai dari  basic networking yaitu tentang dasar dari sebuah jaringan komputer. Diawali dari pengenalan dasar yaitu mulai dari alat/perlengkapan  untuk membangun jaringan, Teori pengkabelan, IP addres  dan Setting IP addres secara langsung. Selain itu peserta juga diajak menyelesaikan sebuah studi kasus sebelum memasang jaringan.  Pada Pelatihan Local area Network (LAN) ini Disampaikan oleh Mas Shella.

Tak hanya setting Local area Network (LAN), pada workshop kali ini juga disampiakan dasar setting WLAN (Wireless LAN) yang disampikan oleh Bang Tata . Yah,, telah kita ketahui saat ini memang teknologi sudah tanpa kabel (wireless) atau sering kita menyebutnya wifi. Dengan pelatihan ini diharapkan peserta dapat mengerti tentang dasar alat-alat untuk bisa membuat  atau membangun sebuah wifi. Selain itu juga langsung setting WLAN tersebut.

jaringan komputer bojonegoro

Penjelasan WLAN : Bang Tata

Jumlah Peserta yang hadir sekitar 15 orang dari 29 peserta yang terdaftar. Peserta dari berbagai kalangan ini mulai dari  pelajar SMA/SMK, Mahasiswa dari bermacam jurusan dari Perguruan Tinggi dan Universitas  dari  Bojonegoro sendiri dan luar kota seperti UNIROW Tuban, Komunitas IT seperti : KSL AKN, CMOS, Blogger Tuban-Bojonegoro dan komunitas IT lainya.  Ada juga komunitas non IT dan organisasi dari  berbagai macam. Serta juga ada peserta dari Dinas Kominfo.

Selain pelatihan tentang “Mengenal Basic Jaringan Komputer (Basic Networking) & Aplikasi Sederhana” peserta juga dapat ilmu bisnis dengan mengambil peluang memanfaatkan workshop ini Aplikasinya seperti membuat jaringan Sekolah, Kantor, dll. Selain itu juga bisa diterapkan untuk usaha ISP, warnet, membuat wifi dirumah untuk dimanfaatkan dengan tetangga, rt/rw, desa, dan linkungan sekitar sesuai dengan lokasi & kebutuhan pengguna.

Baca Juga

About the author: Sugeng Siswanto

Anak biasa yang selalu ingin tahu hal yang baru

Tinggalkan komentar