Membangun Masyarakat Informasi|Minggu, Oktober 22, 2017
Kamu berada di Home » Toturial » Penjelasan Menu Admin WordPress
  • Ikuti Kami

Penjelasan Menu Admin WordPress 

dasbord wordpress

Hari ini saya akan membahas mengenai pengertian dan fungsi menu dashboard wordpress CMS. Ada 10 menu utama yang terdapat dalam dashboard default wordpress. Menu-menu tersebut antara lain, Dashboard, Posts, Media, Pages, Comments, Appereance, Plugins, Users, Tools, dan Settings. Letak menu-menu dashboard wordpress itu ada di sisi kiri dashboard.

Pada tulisan kali ini saya akan bahas secara garis besar menu-menu tersebut. Kemudian untuk sub-sub menunya akan dibahas dipostingan lain.

Sebelumnya rekan-rekan bisa akses dashboard wordpress masing-masing dengan cara login: http://namadomainanda/wp-admin, bisa juga Anda akses dengan url berikut, http://namadomainandan/wp-login.php, kemudian masukkan username dan password Anda, dan Anda akan dialihkan ke dashboard wordpress masing-masing.

Oke mari bahas menu-menu dashboard wordpress.

Menu Dashboard WordPress

Dashboard

Menu ini adalah menu yang pertama setelah kita berhasil login. Halaman ini biasanya berisi shortcut dimana kita bisa melihat versi wordpress, theme yang digunakan, jumlah postingan, dll (info umum penggunaan CMS).

Menu Posts WordPress

Posts

Menu ini berfungsi untuk membuat konten tulisan/ artikel. Pada menu ini juga kita membuat berbagai pengelompokan tulisan berupa kategori dan tags. Kategori dan tags dalam wordpress berisi kumpulan-kumpulan artikel yang bertema dan dalam kelompok yang sama, misalnya kategori politik. Semoga artikel yang berkaitan dengan dunia politik bisa dikelompokkan dengan category politik. Untuk Tags sendiri biasanya berfungsi untuk mengelompokkan tulisan berdasarkan kata-kata kunci (keywords) yang terdapat pada artikel tersebut.

Menu Media WordPress

Media

Menu ini berfungsi untuk menyimpan semua file-file yang ada, misalnya foto, video, dokumen berupa word, pdf, dll. Semua foto yang akan muncul di postingan kita, akan tersimpan di menu Media.

Menu Pages WordPress

Pages

Menu ini memungkinkan kita untuk membuat hanya satu halaman postingan. Pages tidak bisa dibagi per category atau tags seperti menu Posts. Pages merupakan tampilan satu halaman, dan biasanya dijadikan menu-menu di tampilan frontend (halaman depan) website.

Teknologi wordpress terbaru, banyak developernya yang menggunakan pages as a homepage sehingga menjadikan website berbasis wordpress lebih fleksibel dan custom (akan dibahas lebih lanjut dipostingan lain).

Menu Comments WordPress

Comments

Menu ini berfungsi untuk melihat semua komentar yang masuk ke wordpress. Seperti diketahui, wordpress telah dilengkapi dengan sistem komentar sehingga memudahkan pengguna untuk saling berinteraksi dengan pengunjung website. WordPress adalah CMS yang agak rentan mendapatkan serangan spamming, lebih baik rekan-rekan aktifkan plugin Akismet (pengaturan plugin ini akan dibahas dipostingan lain). Akismet ampuh menghindarkan website kita dari serangan spam komentar. Di menu ini kita juga bisa memfilterisasi, delete, menyatakan komentar sebagai spam, dan approve komentar yang terpending.

Menu Appearance WordPress

Appearence

Menu ini mengatur semua tampilan halaman depan website Anda. Bisa gonta ganti tema, memasang header, logo, membuat susunan menu-menu website. Mengatur background website, dan bahkan mengubah struktur coding themes yang sedang Anda gunakan tanpa melalui cPanel hosting. WordPress memiliki fasilitas editor themes. Melalui menu ini juga bisa diatur widget/ sidebar (akan dibahas lebih lanjut) website.

Menu Plugins WordPress

Plugins

Menu ini berfungsi untuk menambahkan plugins atau script pendukung kemampuan wordpress. WordPress sangat fleksibel sebagai CMS opensource. WordPress didukung developer yang sangat banyak untuk membantu mengembangkan website yang sedang Anda buat. Plugin punya fungsi yang beragam, dan biasanya hal-hal yang dilakukan plugin tidak bisa dilakukan oleh packaging CMS wordpress yang ada. Plugin juga bisa berarti ‘penambahan’.

Menu Users WordPress

Users

Menu ini tempat mengatur siapa saja yang menjadi admin website. Pada menu ini kita juga bisa mengatur daya akses si pengguna CMS. WordPress banyak disukai karena memang support untuk berbagai macam keperluan dan jenis website. Menu users memungkinkan CMS wordpress bisa berlaku sebagai website forum atau portal berita atau situs e-commerce yang kompleks dengan sistem registrasi, user, dan hak akses.

Menu Tools WordPress

Tools

Menu ini memungkinkan kita bisa mengeksport semua data website dalam bentuk XML dan sebaliknya juga bisa mengimport data. Hal ini sangat membantu jika kita ingin pindah hosting atau ingin membackup data website, sehingga tidak terlalu repot apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada website kita (misalnya dihack/ deface/ serangan maya lainnya).

Menu Settings WordPress

Settings

Menu ini berfungsi mengatur semua data CMS wordpress yang telah kita install ini. Baik itu mengatur tampilan frontend, bahkan fungsi backend. Biasanya plugin yang kita install dan tambah ke wordpress kita, akan mempunyai menu pengaturan tersendiri. Menu pengaturan ini biasanya akan disisipkan developer ke Menu Settings di dashboard (akan di bahas lebih lanjut).

Sementara seperti itulah kurang lebih penjelasan mengenai menu-menu utama yang ada di dashboard CMS wordpress kita. Pembahasan detail masing-masing menu akan ditulis dipostingan berikutnya. Salam. Tinggalkan komentarmu jika ada ingin membuat krikitan dan saran.

Baca Juga

About the author: faun

Bisa di temui di www.fauns.id

Tinggalkan komentar