Membangun Masyarakat Informasi|Senin, Juli 24, 2017
Kamu berada di Home » Berita » RTIK Bojonegoro Gelar Sosialisasi Internet Sehat di SMAN 2 Bojonegoro
  • Ikuti Kami

RTIK Bojonegoro Gelar Sosialisasi Internet Sehat di SMAN 2 Bojonegoro 

RTIK Bojonegoro Gelar Sosialisasi Internet Sehat di SMAN 2 Bojonegoro




RTIKBojonegoro – Setelah sukses menggelar sosialisasi internet sehat di SMP Negeri 2 pekan lalu, kini giliran siswa siswi SMA Negeri 2 Bojonegoro yang menjadi sasaran sosialisasi selanjutnya. Sosialisasi yang bertujuan untuk mengkampanyekan bagaimana cara berinternet sehat dan aman tersebut, dihelat di aula sekolah menengah atas, Jalan HOS. Cokroaminoto No.9  Kecamatan Bojonegoro Kota, pada pada tanggal 5 Agustus 2016.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Blogger kece asal Kecamatan Kedungadem, Nova Wijaya. Sedangkan alur sosialisasi dipandu oleh motivator sekaligus aktifis IT, Selamet  Oerip. Sosialisasi ini merupakan serangkaian dari program Relawan TIK Bojonegoro yakni TIK untuk Pendidikan.

Senada dengan sosialisasi internet sehat di SMPN 2 Bojonegoro waktu lalu, sosialisasi internet sehat yang akan dikampanyekan kepada remaja putih abu-abu tersebut berkutat pada cara memanfaatkankan internet yang bijaksana, cerdas, kreatif dan produktif. Sehingga, pengguna internet kelas siswa sekolah menengah tersebut dapat mengunduh manfaat positif dari internet dan meminimalisir dampak negatif dari internet.

“Harapannya, pengguna internet yang rata-rata masih berusia remaja tersebut dapat memanfaatkan hal positif dari internet dan meminimalisir dampak negatif internet”, kata Blogger ayu asal Kecamatan Kedungadem, Nova Wijaya.

Bedanya, jika materi sosialisasi yang disampaikan kepada siswa siswi SMPN 2 Bojonegoro ditekankan pada cara pemanfaatan internet untuk pendidikan (e-learning). Sedangkan, kepada siswa siswi SMAN 2 Bojonegoro, materi lebih menekan untuk meminimalisir kejahatan di internet (cyber crime). Hal ini dikarenakan, sasaran sosialisasi yang berbeda, remaja SMA cenderung berpotensi menjadi korban cyber crime.

“Materi lebih menekan pada cyber crime, karena siswa SMA cenderung berpotensi menjadi korban cyber crime”, ungkap nama lengkap Nova Dewi Lintang Kusuma Wijayanti.

Meski demikian, materi yang disampaikan tak lepas dari tema dan tujuan sosialisasi membentuk generasi yang melek digital dan mempu memanfaatkan perkembangan IT dengan cerdas dan bijaksana. Hanya saja, sasaran sosialisasi yang berbeda, maka penekanan pun berbeda sesuai dengan kondisi yang terjadi.

Sosialisasi yang diiniasitori oleh Relawan TIK Bojonegoro tersebut, didukung penuh oleh perusahaan minyak terbesar di Bojonegoro, Exxon Mobile Cepu Limited. Selain itu, sosialisasi internet sehat juga mendapat dukungan Dinas Pendidikan Bojonegoro.

“Acara Sosialisasi Internet Sehat ini selaras dengan kegiatan SMA Negeri 2 Bojonegoro dalam memajukan pendidikan terutama dibidang IT dan harapannya nanti kalian ikut menulis kegiatan acara ini. Karena acara ini merupakan acara yang membanggakan”, ungkap Choiril Anam, S.Pd selaku Waka Kurikulum SMAN 2 Bojonegoro di depan murid-murid dan disambut dengan tepuk tangan. (Ryn)

Baca Juga




Tinggalkan komentar