Membangun Masyarakat Informasi|Selasa, Juli 25, 2017
Kamu berada di Home » Kegiatan » RTIK Bojonegoro Melaksanakan Training Of Trainer
  • Ikuti Kami

RTIK Bojonegoro Melaksanakan Training Of Trainer 

Training Of Trainer Relawan TIK Bojonegoro




Selama 2 Hari, yakni sabtu-minggu, tanggal 5-6 November 2016 bertempat di Jln. Kyaimojo, Relawan TIK Bojonegoro menggelar kegiatan pelatihan yang berjudul “Training Of Trainer”.

Tema yang diangkat dalam kegiatan pelatihan ini yakni “Relawan TIK yang siap mengedukasi dan menciptakan masyarakat informasi”.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas kemampuan SDM Relawan TIK Bojonegoro dan rekrutmen anggota baru, sekaligus mencetak kader-kader Relawan TIK yang siap terjun di masyarakat melalui pemberdayaan informatika.

Acara dibuka oleh perwakilan dari Dinas Kominfo Bojonegoro, Nuriski Imandari,S.Kom,MM selaku Kepala Bidang Pengembangan Teknologi Informasi (PTI) dan disimak dengan penuh antusias oleh peserta.

Beliau menyampaikan betapa pentingnya di era serba teknologi seperti sekarang ini untuk terus belajar dan meningkatkan kemammpuan di bidang informasi.

“perlu adanya kader-kader Relawan TIK yang siap terjun di masyarakat apalagi selama ini juga sering membantu Dinas Kominfo Bojonegoro dalam bidang pemberdayaan informatika”, Ujar beliau dalam sambutan pembukaan acara.

Pelatihan selama 2 hari ini dikemas dengan materi – materi yang cukup menarik dan sangat relevan di era teknologi informasi seperti sekarang ini.

Dihari pertama , malam hari peserta mengikuti dengan seksama sesi pelatihan yang disampaikan oleh Mohammad Muat atau yang akrab disapa Abah Muat, selaku Humas pengurus Relawan TIK Bojonegoro, tentang manajemen organisasi dan membangun jaringan mitra kerjasama yang baik dengan lembaga atau instansi lain.

Kemudian dilanjut materi “Public Speaking” oleh Selamet atau yang akrab disapa Kak Shela, selaku ketua Bidang keanggotaan, Pengurus sekaligus manager program-program kerjasama Relawan TIK Bojonegoro. Dibahas kiat-kiat motivasi agar tampil Pede dimuka umum dan cara menjadi presenter yang baik dalam menyampaikan materi.

Tepat pukul 11 malam peserta dipersilahkan tidur dan istirahat dikamar yang tersedia untuk persiapan mengikuti kegiatan sesi pelatihan lanjutan keesokan harinya.

Pada Minggu, esok harinya peserta diberi materi pelatihan tentang pembuatan website oleh Affrizal Rizkillah atau yang akrab disapa Kak Rizal, serta pelatihan tentang pemanfaatan sosial media oleh Nova Wijaya . Keduanya juga anggota aktif Relawan TIK Bojonegoro.

Peserta terlihat sangat senang dan antusias mengikuti pelatihan “Training Of Trainer” yang digagas oleh Relawan TIK Bojonegoro.

Asal peserta sendiri berbeda-beda, ada yang berasal dari kabupaten Bojonegoro dan ada yang dari luar Kabupaten. Bahkan ada yang cukup jauh yaitu asal Jombang.

“Dengan mengikuti pelatihan ini mudah-mudahan bisa bermanfaat dan meningkatkan kemampuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi”, ujar Lu’uul Maknun, salah satu peserta Training Of Trainer terjauh asal Kabupaten Jombang.

Baca Juga




Tinggalkan komentar