Relawan TIK Bojonegoro

RTIK Bojonegoro Sukses Selenggarakan Pekan TIK Online 2020 Saat Wabah Covid-19

Sejak awal maret 2020, Pemerintah Indonesia sudah mengumumkan tentang waspada dan pencegahan terhadap penyebaran Virus SARS COV-2 atau yang lebih dikenal dengan Virus Corona (Covid-19). Anjuran untuk mulai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), social distancing, bahkan sudah mulai bertahap membatasi kegiatan – kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa hanya untuk tujuan pencegahan menyebarnya
virus corona tersebut. Bersamaan dengan Kejadian Luar Biasa (KLB) ini, Relawan TIK Bojonegoro mempunyai agenda besar yaitu Pekan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 2020. Kegiatan tersebut sukses digelar
mulai hari senin, 23 Maret 2020 sampai dengan Rabu, 01 April 2020.

Karena ada himbauan kejadian KLB Covid-19 dari Pemerintah Indonesia, Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, dan Pemkab Bojonegoro, panitia memutuskan menunda kegiatan Pekan TIK offline diganti dengan kegiatan Pekan TIK Online 2020.

“Walaupun Wabah pandemi Corona ini sedang menghantui masyarakat saat ini, Kami tidak surut untuk terus memberikan literasi kepada masyarakat dengan memanfaatkan Teknologi Informasi, Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar” Demikian ujar Ketua Relawan TIK Bojonegoro, Rifaun Naim.

Agenda yang sebelumnya secara offline telah dirombak oleh panitia dengan metode training secara daring (online). Secara terpisah Saudara Iskan Suwanto, selaku ketua panitia kegiatan ini menyampaikan, “Kami Relawan TIK Bojonegoro secara teknis sudah siap menyelenggarakan kegiatan ini, karena kami mendapatkan dukungan penuh platform Google for NGO dan Layanan Microsoft dalam menyelenggarakan Training Online ini”. Dia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Pekan TIK Online 2020 ini, terutama kepada para pemateri yang telah meluangkan waktu untuk berbagi pengetahuan bersama kami. Demikian imbuhnya.

Materi yang diberikan dalam metode daring ini antara lain:

  • Strategi Jitu Iklan di Facebook, Instagram dan Youtube.
    Pemateri : Rifaun Naim, Ketua Relawan TIK Bojonegoro, Web Developer
    Senin, 23 Maret 2020,
    Jam 20.00 – 22.00wib.
  • Google Bisnis untuk Optimasi layanan Bisnis Online
    Pemateri : Mohammat Muat
    Selasa, 24 Maret 2020,
    Jam 20.00 – 22.00 wib.
  • Desain Produk Bagi UMKM & Startup. Pemateri : Mas Djoko Susilo, Konsultan Desain produk bagi UMKM dan Ownwer Ndahneo.com
    Rabu, 25 Maret 2020,
    Jam 20.00 – 22.00wib
  • Desain Grafis : Desain Line Art.
    Pemateri : Mas Djagad Alie, Pengusaha Desain Grafis, owner dari Rumah DjagArt
    Kamis, 26 Maret 2020,
    Jam 20.00 – 22.00wib.
  • Personal Branding di Era Digital
    Pemateri : Kak Shela, Sekjen Relawan TIK Jatim, Pembina RTIK Bojonegoro, Experiential Learning Trainer dan Praktisi IT
    Jum’at, 27 Maret 2020,
    Jam 20.00 – 22.00wib.
  • Optimalisasi Market Place di Bukalapak,
    Pemateri : Purnomo Jiman Batur, ex Ranger Bukalapak, Owner Cah Angon
    Sabtu, 28 Maret 2020,
    Jam 20.00 – 22.00 Wib.
  • Teknik Produksi Film.
    Pemateri : Mas Teguh dan Mas Noto : Bendo Production, Juara 1 Bojonegoro East Java Film Festival (BejAFF)
    Sabtu, 29 Maret 2020,
    Jam 20.00 – 22.00wib.
  • Sosmed for Income Pasive via Facebook Ads Break
    Pemateri : Mas Jatmiko : Ketua Relawan TIK Magetan, Hacktivis FB Ads Break
    Senin, 30 Maret 2020,
    Jam 20.00-22.00wib.
  • Teknik Membuat Games.
  • Pemateri : Kak Rizal : Pengurus Relawan TIK Jawa Timur,Web & Mobile Aps Developer Selasa, 31 Maret 2020, Jam 20.00 – 22.00wib.
  • Teknologi Blockchain : Cryptocurrency.
  • Pemateri : Tata Budiman : Pemilik Usaha Planet Hotspot, Hacktivis Cryptocurrency Senin, 01 April 2020, Jam 20.00-22.00wib.

Dengan kegiatan Pekan TIK ini semoga RTIK Bojonegoro bisa memberikan layanan terbaik di bidang literasi digital dan semoga materi yang disampaikan bermanfaat untuk masyarakat. Dan semoga kondisi bangsa dan negara ini segera pulih kembali dari pandemik covid-19 ini sehingga bisa melakukan aktivitas seperti normal kembali. (Kak Shela)

Kak Shela

Saya seorang Praktisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), menjadi Relawan TIK adalah pilihan hidup untuk berbagi. Saya juga seorang blogger karena juga suka tulis - tulis di blog dan website. Trainer TIK dan Trainer Outbound merupakan aktivitas saya lainnya. Terimakasih sudah bersedia membaca profil singkat saya, jika ingin lebih kenal silahkan bisa kunjungi akun media sosial saya yang tertera di profil penulis di sini.
Terimakasih

Jasa Live Streaming

data bojonegoro

film bojonegoro

bojonegoro store

website desa

Relawan TIK Bojonegoro

Organisasi Sosial kemasyarakatan yang bersifat nir-laba, independen, philantrophis, mandiri mendasarkan pada upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan ilmu pengetahuan di bidang TIK bagi anggota serta warga masyarakat, aktivitas dirintis sejak tanggal 9 Desember 2008 di Jakarta dan dibentuk kepengurusan di Bojonegoro tanggal 18 Oktober 2013.