Membangun Masyarakat Informasi|Minggu, Oktober 22, 2017
Kamu berada di Home » Berita » Serunya Pekan TIK Bojonegoro 2015 Hari Pertama
  • Ikuti Kami

Serunya Pekan TIK Bojonegoro 2015 Hari Pertama 

Pekan RTIK Bojonegoro 2015

Selasa, 09 Juni 2015 Hari pertama Pekan TIK Bojonegoro 2015. Acara dibuka langsung oleh ketua RTIK Bojonegoro Rifaun Naim. Peserta hadir sekitar 20 orang dari 28 peserta yang terdaftar. Dalam sambutannya Mas Faun, begitu sapaan akrabnya menyampaikan bahwa Relawan TIK berupaya untuk ikut serta memberdayakan semua komunitas TIK yang ada di Kabupaten Bojonegoro bersama sama ikut berperan untuk memajukan masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya di bidang TIK. Dia juga membuka peluang bagi peserta yang hadir untuk ikut bergabung di Relawan TIK Bojonegoro.

Acara dilanjutkan dengan materi Dasar Instalasi dan Optimasi Operating System (OS) Copyright dan Copyleft oleh Eko Prasetyo dari Kelompok Studi Linux (KSL) Linux AKN Bojonegoro. Peserta diajak sedikit oprek dan mengoptimalkan Operating System Berbasis Windows. Dilanjutkan dengan instalasi Operating System Linux. Pilihan  Distro untuk instalasi adalah Ubuntu versi 15.04 Vivid Vervet. Proses Instalasi berjalan sekitar 15 menit dan selanjutnya instalasi aplikasi yang dibutuhkan.

Tampilan Vivid Vervet

Tampilan Desktop Ubuntu Linux 15.04 Vivid Vervet

Sugeng Siswanto, salah satu peserta dari Bancar Kabupaten Tuban, mengatakan sangat berterimakasih sudah bisa ikut berpartisipasi dalam Pekan TIK 2015. Mas Sugeng berharap juga kegiatan seperti ini bisa juga dilaksanakan di Kabupaten Tuban.

Para peserta sangat antusias mengikuti kegaiatan ini sampe selesai karena di akhir acara diberikan tips tips bagaimana mengoptimalkan Operating System di komputernya masing-masing.

Peserta pelatihan juga banyak yang mengucapkan terimakasih, karena telah mendapatkan ilmu baru khususnya tentang optimasi OS komputer. Peserta juga diberikan akses oleh panitia untuk mengcopy Ubuntu terbaru versi 15.04 Vivid Vervet tanpa harus mendownloadnya.

Baca Juga

Tinggalkan komentar