Relawan TIK Bojonegoro

Smart City

go-green aeSmart City atau secara harfiah berarti kota pintar, merupakan suatu pengembangan, penerapan, dan implementasi teknologi yang di terapkan untuk suatu wilayah (khususnya perkotaan) sebagai sebuah interaksi yang kompleks di antara berbagai sistem yang ada di dalamnya. Di sini digunakan kata city (kota) untuk merujuk pada kota sebagai pusat dari sebuah negara atau wilayah, di mana setiap pusat kehidupan berada (pemerintahan, perdagangan, pendidikan, kesehatan, pertaniah, dan lain-lain). Demikian pula dengan pusat pemukiman penduduk di mana jumlah penduduk di kota relatif jauh lebih banyak dibanding wilayah lainnya (misal desa/sub kota). Kota menjadi daya tarik orng untuk menetap. Di Indonesia sendiri urbanisasi mengacu pada proses perpindahan masyarakat dari desa ke Kota untuk memperoleh penghidupan (kerja) maupun pendidikan.

Giffer dan kawan-kawan mendefinisikan Smart City sebagai sebuah performasi yang sangat baik bagi sebuah kota, yang didukung oleh kombinasi yang pintar (Smart) dari segala aktifitas, kajian, penemuan, serta kesadaran dari masyarakat  kota tersebut. Smart City mampu memberikan dampak positif bagi pemerintahan, kehidupan sosial masyarakat transportasi, kualitas hidup, persaingan yang sehat disegala bidang, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

startupbootcamp org
Sumber : startupbootcamp.org

Konsep Smart City awalnya di terapkan di negara Amerika Serikat dan Uin Eropa. Pada mulanya smart City bertujuan untuk menciptakan kemandirian daerah dan meningkatkan layanan publik. Konsep dan Implementasinya pun makin berkembang. Kini Smart City sudah diterapkan di banyak negara dan berbagai belahan dunia. Antara lain Benua Asia, Amerika, Australia, dan Eropa. Penerapan Smart City mencakup berbagai bidang antara lain pendidikan, kesehatan, pariwisata, pemerintahan dan lainnya. Smart City dapat di katakan menjadi konsep masa depan suatu kota untuk kualitas hidup yang lebih baik, dengan berbasiskan teknologi komputer dan komunikasi.

(C : FN 2015)

Referensi : Pratama,  I Putu Agus Eka  S.T, M.T.  2014 – SMART CITY BESERTA CLOUD COMPUTING DAN TEKNOLOGI-TEKNOLOGI PENDUKUNG LAINNYA – 94

fajarnur_rtik

Add comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

data bojonegoro

film bojonegoro

bojonegoro store

website desa

Relawan TIK Bojonegoro

Organisasi Sosial kemasyarakatan yang bersifat nir-laba, independen, philantrophis, mandiri mendasarkan pada upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan ilmu pengetahuan di bidang TIK bagi anggota serta warga masyarakat, aktivitas dirintis sejak tanggal 9 Desember 2008 di Jakarta dan dibentuk kepengurusan di Bojonegoro tanggal 18 Oktober 2013.