Membangun Masyarakat Informasi|Senin, Juli 24, 2017
Kamu berada di Home » Berita » Tim NTMC Polri Ajarkan Guru Bojonegoro Membuat Viral VLOG
  • Ikuti Kami

Tim NTMC Polri Ajarkan Guru Bojonegoro Membuat Viral VLOG 

Dr. Ronald Mongkau , Kepala Bidang Studi Broadcast Politeknik Media Kreatif Jakarta dan anggota Tim NTMC Polri sedang memberikan materi pembuatan media kreatif berupa VLOG




Puluhan Guru yang merupakan perwakilan dari 20 Sekolah pada hari Selasa dan Rabu kemarin (13 – 14 /9/2016), mengikuti Pelatihan Media Kreatif Untuk Pendidikan di  SMA Negeri 2 Bojonegoro .

Pelatihan Media Kreatif Untuk pendidikan yang dilaksanakan selama 2 hari yakni Hari Selasa dan Rabu, tanggal 13 – 14 September  2016 ini, diprakarsai oleh Organisasi Relawan TIK Bojonegoro bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro dan didukung oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

Pada acara Pelatihan Media Kreatif untuk pendidikan ini Selain dihadiri perwakilan guru dari 20 Sekolah SMP dan SMA se-Bojonegoro . Tak kalah penting , pelatihan ini dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro, Drs. Hanafi , MM. Beliau sebagai tamu undangan sekaligus pembuka acara pelatihan ini.

Pada pembukaan acara Drs. Hanafi, MM , selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro berharap pelatihan Media Kreatif Untuk Pendidikan ini dapat memberikan dampak positif yakni pembekalan keterampilan Guru – Guru di Bojonegoro.

“Penting bagi Guru untuk memahami aspek Meaningful  dan Joiningful dalam pembuatan materi pembelajaran . Sehingga siswa bisa menyerap ilmu baru dengan waktu singkat dan mudah dimengerti serta menyenangkan”, ungkapnya.

Selaras dengan Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro, perwakilan dari ExxonMobil Cepu Limited , Wahyu Sadewo juga menambahkan hal serupa, “Semoga kegiatan ini dapat memberi keterampilan positif lewat pemanfaatan Audio Visual  guna pembuatan materi pembelajaran siswa yang kreatif”.

tim-ntmc-polri-ajarkan-guru-bojonegoro-membuat-media-kreatif-vlog-2

Ketua Tim NTMC Polri , Dr. Ari Junaedi (Kanan) sedang memberikan sertifikat kepada Iva Afiati Rahma, S.Kom (Kiri) Guru Perwakilan SMKN 4 Bojonegoro sebagai Media Kreatif Video Terbaik.

Kegiatan yang berlangsung dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore ini. Diisi oleh Pemateri Dr. Ronal Mongkau , Ketua Bidang Studi Broadcast Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta. Mengenai bagaimana cara membuat konten media Video untuk menunjang media pembelajaran. Beliau juga mengajarkan bagaimana caranya membuat VLOG (Video Blogger), yang saat ini sedang trend bagi masyarakat online (netizen).

Dihari kedua Pelatihan Media Kreatif Guru Juga tak kalah menarik,  diisi langsung oleh beberapa orang dari Tim NTMC (National Traffic Management Center) Polri atau Pusat Pengendali Lalu Lintas Nasional Kepolisian Republik Indonesia. Oleh Tim NTMC Polri yang diketuai oleh Dr. Ari Junaedi,  Guru-guru diajarkanpraktek langsung cara membuat media kreatif berupa video, Cara Upload Videodi YouTube, hingga kiat-kiat menjadikan media kreatif video yang dibuat menjadi viral di masyarakat.

Guru-guru yang menjadi peserta pelatihan media kreatif untuk pendidikan kali ini terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan.

Salah satu peserta pelatihan , Arif Rohman , S.Pd. Guru perwakilan dari SMPN 5 Bojonegoro merasa sangat senang pelatihan media kreatif ini.

“Saya sudah tiga kali mengikuti pelatihan guru yang diadakan oleh Relawan TIK Bojonegoro. Pelatihan pembuatan media kreatif ini sangat bagus. Terkadang saya ketika belajar tentang IT kayak begini sampai lupa waktu, bahkan lupa waktu ngajar. Dan kalau dirumah, malah bisa lupa sama istri juga, hehehe” Ujar beliau disertai nada candaan.

Baca Juga




Tinggalkan komentar