Relawan TIK Bojonegoro

Microsoft Secara Resmi Menutup Windows 7

Perusahaan Raksasa Microsoft, besutan Bill Gates secara resmi mengumumkan bahwa dukungan Microsoft terhadap Sistem Operasi Windows 7 (Win 7) ditutup dukungannya per tanggal 14 Januari 2020.

Pesan tersebut muncul pada setiap PC/Laptop yang masih menggunakan sistem operasi Windows 7 setelah tanggal 14 Januari 2020 ketika terhubung dengan jaringan internet.

Apa akibat yang akan muncul ketika dukungan terhadap sistem operasi ini dihentikan?

Secara Jelas, dalam pop up yang muncul pada layar tersebut memberikan peringatan dan dampak yang akan dialami pengguna Windows 7 jika masih bertahan mau menggunakan Windows 7, yaitu:

  1. Dukungan Keamanan (Security) akan tidak ada lagi. Akibatnya jika ada serangan berupa malware, virus dan sejenisnya pihak microsoft sudah tidak bisa melayani. PC/Laptop akan terancam rentan terhadap serangan keamanan, baik berupa dokumen dan keamanan lainnya.
  2. Dukungan Perbaruan(Update) dari Microsoft tidak ada lagi. Akibatnya jika ada kelemahan celah (bugs) dalam Sistem Operasi ini, maka Microsoft Support tidak bisa membantu lebih banyak lagi, resiko tanggung sendiri.
  3. Dukungan Teknis secara langsung juga dihentikan. Akibatnya jika ada kerusakan pada hardware/software akibat dari Sistem Operasi ini, maka Microsoft tidak akan memberikan tenaga dukungan lagi dari Help Desk dan bantuan teknis atau lebih dikenal dengan layanan garansi berhenti.

Secara langsung pihak microsoft memberikan rekomendasi pada semua pengguna Microsoft Windows 7 semua jenis untuk segera upgarde (naik level) windowsnya untuk menggunakan Sistem Operasi terbaru Microsoft Windows 10.

Sebagaimana sejarah Sistem Operasi Windows, Windows 7 diumumkan diumumkan resmi oleh microsoft rilisnya pada tanggal 22 Oktober 2009, menggantikan versi Windows Generasi sebelumnya, yaitu Windows Longhorn 2009, atau lebih dikenal dengan Windows Vista.

Selama Kurang lebih 11 tahun sistem operasi ini digunakan dengan fitur – fitur unggulannya antara lain booting lebih cepat, lebih irit daya, mudahnya optimasi system prefetching, adanya aplikasi device storage, mendukung teknologi multi touch (layar sentuh), tampilan dan aplikasi yang lebih menarik, system kemananan(security) yang lebih ketat dan fitur – fitur lainnya.

Windows 7 memiliki 6 edisi khusus, yaitu : Windows 7 Starter, Windows 7 Home Basic, Windows 7 Home Premium, Windows 7 Professional, Windows 7 Ultimate, dan Windows 7 Enterprise.

Tidak usah sedih, mari bersama – sama kita ucapkan Selamat Tinggal Windows 7, mari kita sambut windows terbaru Windows 10 dengan berbagai fitur unggulan menariknya dan semakin ketat sistem kemanannya. (Kak Shela)

Sumber : dihimpun dari berbagai sumber dan referensi penulis.

Kak Shela

Saya seorang Praktisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), menjadi Relawan TIK adalah pilihan hidup untuk berbagi. Saya juga seorang blogger karena juga suka tulis - tulis di blog dan website. Trainer TIK dan Trainer Outbound merupakan aktivitas saya lainnya. Terimakasih sudah bersedia membaca profil singkat saya, jika ingin lebih kenal silahkan bisa kunjungi akun media sosial saya yang tertera di profil penulis di sini.
Terimakasih

Pekan TIK

data bojonegoro

film bojonegoro

bojonegoro store

website desa

Relawan TIK Bojonegoro

Organisasi Sosial kemasyarakatan yang bersifat nir-laba, independen, philantrophis, mandiri mendasarkan pada upaya pengembangan pengetahuan, keterampilan ilmu pengetahuan di bidang TIK bagi anggota serta warga masyarakat, aktivitas dirintis sejak tanggal 9 Desember 2008 di Jakarta dan dibentuk kepengurusan di Bojonegoro tanggal 18 Oktober 2013.